Ayo Saksikan Hujan Meteor Malam ini

Kemarin lupa melihat langit? Masih ada kesempatan. Siap-siap berburu hujan meteor Draconid setelah magrib. Kalau Anda penggemar dunia astromi, jangan lewatkan fenomena astronomi tersebut karena tahun ini akan terlihat lebih terang. Catat waktunya, 8-9 Oktober pukul 18:00 hingga 22:00 WIB.

Sinar lampu kota sering jadi penghalang. Untuk mengoptimalkan penglihatan, sebaiknya Anda pergi ke tempat yang minim cahaya lampu, dan biarkan mata beradaptasi dengan kegelapan selama 20 menit.

 
space.com

Hujan meteor Draconid berasal dari sisa-sisa debu komet Giacobini-Zinner yang berada di konstelasi Draco dan Naga. Pada Oktober ini, komet Giacobini-Zinner tidak akan meninggalkan sisa debu dan es yang banyak ke Bumi.

Dua tahun lalu, Oktober 2011, tercatat ada 600 meteor per jam hingga jadi fenomena hujan meteor Draconid yang paling menarik. Konon, cahaya silau yang dihasilkannya hampir bisa dilihat oleh orang-orang di wilayah Eropa.

Pastinya, untuk bisa melihat pertunjukan alam nan indah ini perlu lokasi yang tepat. Selain tak terganggu bias cahaya penerangan kota atau pemukiman, syarat mutlak lainnya yakni cuaca yang cerah. Nah, semoga malam ini langit terang tanpa hujan.











 
 
 
 
Sumber:
viva

Posted by sandipras

0 comments:

Post a Comment