Wow, Banyaknya Badan Intelejen Amerika

Bagi penggemar film produk Hollywood pasti setidaknya hapal dengan badan intelejen Amerika seperti CIA, FBI, DEA, dan NSA.

Tahukah Anda setidaknya ada 17  badan intelijen Amerika? Inilah daftarnya


greenleft.org.au


1. Central Intelligency Agency (CIA)
Badan intelijen yang seharusnya bersifat tertutup tapi malah paling populer tak lain dan tak bukan adalah Central Intelligency Agency. Tugas CIA mengumpulkan, menganalisis, dan menyebarkan dan mengumpulkan data-data intelijen di negara-negara asing. Budget CIA bersifat rahasia namun konon tiap tahunnya pemerintah mengucurkan $ 44 milyar.

2. National Security Agency (NSA)
Sering diplesetkan sebagai No Such Agency, kiprah utama badan intelijen ini saat PD II adalah menerjemahkan sandi-sandi. Setelah PD II kiprah NSA berkembang menjadi pencegat dan pengolah informasi dari asing, cryptology, memecahkan kode, dan terakhir mencegah hacker mendapatkan informasi rahasia. Konon NSA adalah salah satu badan intelijen terbesar di dunia,  3x lebih besar dari CIA. Budget tidak diketahui.

3. Defence Intelligence Agency (DIA)
DIA adalah agensi utama Departemen Pertahanan Amerika, bisa dibilang DIA adalah penghubung antara agensi intelijen nasional dengan militer. Tugas DIA mengumpulkan, menganalisis, dan mengkoordinasikan data-data intelijen dari militer asing. Budget tidak diketahui

4. The State Department's Bureau of Intelligence and Research (INR)
Berfungsi sebagai penasihat utama untuk Sekretaris Negara di bidang intelijen dan memberi dukungan untuk pembuat kebijakan, duta besar, dan staff kedutaan. Budget $ 49 juta.

5. Air Force ISR (Intelligence, Surveillance, and Reconnaisance)
Mengumpulkan data intelijen dari negara asing atau kelompok yang berpotensi melakukan penyerangan baik saat pertempuran atau di luar pertempuran. Menyediakan pengintaian elektronik dan fotografi, dan menyediakan data dan peta untuk pasukan.
 

oilempire.us


6. National Security Branch (NSB) bagian dari FBI
Jika sebelumnya intelijen bersifat sektoral, maka tugas NSB adalah menyatukan sumber daya intel yang selama ini terpisah-pisah.

7. Army Intelligence and Security Command (INSCOM)
Menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh komandan di lapangan, mengintersepsi komunikasi musuh, dan menyediakan peta kekuatan lawan.

8. Department of Energy
Walaupun sebenarnya Departemen Energi Amerika Serikat jauh dari unsur spionase, nyatanya departemen ini punya divisi khusus intelijen senjata nuklir, nonprofilerasi, energi nuklir. divisi ini bersifat pasif (hanya menerima data dari dinas intelijen lain), namun saat dibutuhkan divisi ini bisa memberikan analisis-analisis oleh ahli di bidang energi.

9. Cost Guard Intelligence (CGI)
Menyediakan informasi mengenai keamanan maritim dan pelabuhan, search and resque, dan counter narcotic.

10. The Treasury's Office of Intelligence and Analysis (OIA)
Unit ini fokus terhadap kejahatan keuangan, pencucian uang, transaksi gembong narkoba.

11. Drug Enforcement Administration (DEA)
Kiprah agen DEA beberapa kali diangkat sineas Hollywood, tugas intelijen satu ini berkaitan erat dengan masalah narkoba, penyelundupan narkoba, dan lain sebagainya.

12. Marine Corps Intelligence Activity
Bertugas mensupport Angkatan Laut Amerika di medan pertempuran.

13. National Geospatial-Intelligence Agency (NGA)
Melakukan pengintaian melalui beragam media bentang alam, terutama gambar satelit. NGA mengumpulkan beragam informasi mengenai bentang bumi. Kesuksesan operasi Bin Laden kemarin juga karena peran NGA yang sebelumnya sudah mengawasi tempat persembunyian Bin Laden via gambar satelit.

14. National Reconnaissance Office (NRO)
Menyediakan teknologi satelite untuk beragam agensi intelejen seperti CIA, NRO ikut dalam rancang bangun, peluncuran dan perawatan satelit mata-mata.

15. Office of Naval Intelligence (ONI)
Menyediakan beragam data infomasi mengenai intelijensi maritim, intelijensi terhadap penyelundupan dan menjadi bagian penting dari Angkatan Laut Amerika.

16. Department of Homeland Security Office of Intelligence and Analysis
Fokus terhadap ancaman dari dalam negeri. Bertugas mengumpulkan sumber intelijen yang berguna untuk mengatasi teror di dalam negeri

17. Office of the Director of National Intelligence (ODNI)
Masih berusia muda yaitu didirikan tahun 2004. ODNI adalah penasihat utama presiden di bidang intelijensi, ini berarti hasil laporan badan intelijen lain harus melalui badan ini sebelum masuk ke presiden.



















 




Posted by sandipras

0 comments:

Post a Comment