Kek Tokek dan 7 Mitosnya

Interaksi manusia dengan hewan sejak jaman nenek moyang bukan sekadar rantai makanan. Ada jenis hewan tertentu yang dipandang punya keistimewaan, sehingga melahirkan mitos yang dipercaya turun-temurun.

Masih ingat dengan mitos 7 Hewan penanda kedatangan mahluk halus? Lihat lagi artikelnya di sini.  Salah satunya disebutkan tentang tokek.  Reptil yang belakangan diburu kolektor dengan harga tinggi ini, dipercaya dengan berbagai mitos. Misalnya, jangan sampai tergigit karena kita harus menunggu sampai mendengar petir baru bisa lepas. Repotnya kalau kita digigit musim kemarau panjang, masak sih harus menunggu berbulan-bulan sampai hujan datang?


Apa saja mitos yang beredar di masyarakat?


Mitos 1 : Tokek adalah salah satu binatang yang mengetahui kejadian yang akan datang pada diri manusia.

Banyak orang yang mencoba keberuntungan dengan bertanya pada tokek saat tokek itu berbunyi. seperti kaya, naik jabatan, putus atau sampai nikah sekalipun.

Mitos 2 : Tokek dianggap sebagai hewan pembawa keberuntungan.

banyak orang yang mengganggap tokek adalah hewan pembawa keberuntungan, adapun ciri-ciri yang dipercayai oleh masyarakat yaitu tokek yang berbunyi ganjil, tokek yang memiliki buntut bercabang menghadap ke langit, dll.

Mitos 3 : Tokek Dianggap Dapat menyembuhkan AIDS

Akhir akhir ini santer dikabarkan bahwa toke dapat meyembuhkan aids. sebagian orang percaya salah satu dari air liur, lidah ato bahkan darahnya dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga dapat mengobati pernyakit AIDS, walaupun sampai saat ini belum ada instansi manapun yang mengeluarkan statment bahwa toke dapat menyembuhkan AIDS. setidaknya ada beberapa orang yang tiba2 menjadi milioner akibar menjual toke dengan harga miliaran.

Mitos 4 : Tokek Adalah Hewan Keturunan Naga

Beberapa orang di negara jepang percaya bahwa tokek adalah hewan titisan naga. oleh sebab itu beberapa orang disana sangat menganggap bahwa toke adalah hewan yang sakral.

Mitos 5 : Tokek dengan berat 3 Ons atau lebih pasti sudah ada penunggunya.

Tokek dengan berat diatas 3 ons keatas dipercaya telah memiliki khodam (penunggu), sehingga toke akan terlihat sangat besar dan berbanding terbalik dengan berat aslinya. sehingga toke yang terlihat besar akan ringan ketika ditimbang karena khodamnya pergi saat ditimbang

Mitos 6 : Tokek Dianggap Hewan Penolak Bala

Banyak orang dipedalaman bahwa tokek adalah hewan yang memiliki kekuatan gaib, katanya rumah yang tinggali oleh tokek, maka rumah tersebut dapat menolak bala, semakin besar ukuran tokek maka semakin besar pula kekuatannya.

Mitos 7: Skali Digigit Tokek Tidak Akan dilepas hingga ada suara Petir Menyambar

Faktanya, Gigitan tokek bisa dilepas dengan cara mengganti tangan kita dengan bahan yang empuk atau dengan ranting pohon.
Seorang pemburu tokek di Probolinggo, Jawa Timur memberi tips. Bila satu bagian tubuh kita tergigit, maka sentil atau pukul bagian kaki dan perut tokek. Cukup 1 - 2 menit si tokek akan melepas gigitannya. 










 









Posted by sandipras

0 comments:

Post a Comment