Ada Apa Dengan Jumat Tanggal 13? Fakta dan Kisahnya

Kita tahu Friday The 13th adalah sebuah film horror namun ternyata kombinasi antara angka (dianggap) sial 13 dan Jumat sudah ada sejak lama, berikut kisahnya.





1. Angka 13 telah dianggap sial selama berabad-abad. Beberapa sejarawan mematok takhayul kepada 13 orang yang menghadiri Perjamuan Terakhir. Ada pula teori bahwa perjamuan makan malam terakhir dari nabi Isa terjadi di Jumat tanggal 13.
2. Bangsa Babel kuno memiliki Code of Hammurabi yang menghilangkan angka 13 dalam daftar hukum, sehingga asal mula takhayul ini mungkin bermula setidaknya 1700 SM.

3. Paraskavedekatriaphobia dan Friggatriskaidekaphobia adalah sebutan untuk orang yang memiliki rasa takut berlebihan terhadap hari jumat tanggal 13. Ada juga sebutan untuk fobia angka 13 yaitu Triskaidekaphobia.

4. Banyak rumah sakit tidak memiliki ruang 13. Beberapa bangunan tinggi juga melewatkan lantai 13 dan beberapa terminal penerbangan menghilangkan gerbang 13.

5. Presiden AS, Franklin D. Roosevelt, tidak akan bepergian pada hari tanggal 13 bulan apapun. Beliau juga tidak akan pernah menjamu makan jika ada 13 tamu. Selain Roosevelt, Napoleon dan Presiden Herbert Hoover juga seorang Triskaidekaphobic, mereka memiliki ketakutan yang abnormal dengan angka 13.

6. Angka 13 dianggap angka yang hadir setelah angka 12. Di budaya Eropa dan Amerika, angka 12 dianggap angka yang sudah sempurna seperti 12 bulan dalam setahun, 12 tanda-tanda zodiak, 12 dewa Olympus, 12 pekerja Hercules, 12 suku Israel, 12 rasul nabi Isa, Natal pada bulan ke-12 dan 12 telur dalam satu lusin.

7. Pada tahun 1939, sebuah kota kecil di Indiana memaksa semua kucing hitam untuk memakai lonceng pada Jumat 13 Oktober. Ketika tidak terjadi apa-apa, kota ini lalu melanjutkan peraturan tersebut sampai 3 tahun kemudian.

8. Pada saat 13 Oktober 1989, merupakan penurunan kedua terbesar Dow Jones dalam sejarah. Hari itu lalu dijuluki Friday-the-13th mini-crash.

9. Italia menghapus nomor 13 dari lotere nasional mereka. Di jalanan Florence Italia rumah diantara nomor 12 dan 14 disebut rumah nomor 12 setengah

10. Kartu Tarrot ke 13 adalah kematian, disimbolkan oleh Grim Ripper.



historiasconhistoria.es


11. Menurut ahli matematika Thomas Fernsler, banyak fakta yang berhubungan dengan angka 13. Sebuah kapal Inggris yang diberi nama Friday the 13th, berlayar pada Jumat tanggal 13. Kapal ini kemudian tak diketahui lagi kabar rimbanya.

12. Peristiwa buruk berhubungan dengan angka 13 juga menimpa Apollo 13 yang diluncurkan 11 April 1970 pukul 13:13. Peluncuran bukan tanggal 13, tapi penjumlahan angka tanggal itu adalah 13 (1 + 1 + 4 + 7 + 0). Pesawat itu mengalami ledakan di angkasa pada 13 April. Tapi awaknya berhasil kembali ke bumi

13. Di Indonesia, akhir Tragedi Semanggi I jatuh pada Jumat 13 November 1998. Dalam demonstrasi menentang pelaksanaan dan agenda Sidang Istimewa itu dilaporkan 17 warga sipil tewas.


Unik: Meski demikian, angka Jumat tanggal 13 justru pernah menimbulkan keuntungan dalam sektor bisnis. Menurut laporan dari CNBC, sebanyak 140 hari Jumat tanggal 13 pernah menguntungkan pasar saham 80 kali lebih besar ketimbang sebelumnya.



Pendapat sains

Benarkah orang yang harus mengkhawatirkan hari Jumat tanggal 13? Ilmuwan punya penjelasannya.

"Jika tak ada yang repot-repot mengajarkan kita tentang takhayul negatif seperti Friday the 13th, hidup kita mungkin lebih baik," kata Stuart Vyse, dosen psikologi Connecticut College, New London, Amerika Serikat.

Rasa takut yang berlebihan itulah permasalahan utamanya. Seperti dimuat Herald Sun, Jumat (13/9/2013), salah satu kajian terkemuka terkait hal ini pernah dipublikasikan dalam British Medical Journal pada 1993. Studi tersebut menemukan risiko kecelakaan pada Friday the 13th lebih tinggi dari hari Jumat biasa.

Namun, bukan berarti takhayul itu benar. Studi serupa yang dilakukan Profeor Simo Nayha dari University of Oulu, Finlandia pada 2004 menemukan, wanita, khususnya, lebih berisiko meninggal dalam kecelakaan di tanggal itu, dibanding Jumat lainnya.

Kesimpulannya, "Friday the 13th mungkin berbahaya bagi perempuan, lebih karena rasa cemas yang ditimbulkan takhayul tersebut," kata dia.

Profesor Nayha mengatakan, takhayul dapat mengganggu perilaku, "Dengan cara yang dapat merusak fungsi psikis dan psikomotorik, terutama dalam situasi yang menuntut konsentrasi."


Pandangan Islam
 Imam Besar Masjid Istiqlal, Ali Mustafa Ya'qub mengatakan dalam Islam tidak dikenal istilah hari sial.

"Kita perlu sosialisasikan kepada masyarakat, tidak ada istilahnya hari sial atau yang berkaitan dengan tahyul pada angka 13," jelasnya seperti dimuat harian Republika.

Ia mengatakan, Hari Jumat merupakan hari yang agung. Dalam Islam Hari Jumat disebut dengan 'sayyidul ayyam' (Penghulu dari seluruh hari). Malah Hari Jumat merupakan hari berkah, didalamnya terdapat waktu-waktu mustajab untuk berdoa.

Demikian juga dengan angka 13. Dalam Islam, justru bilangan ganjil seperti 1 dan 3 merupakan bilangan yang disukai. Seperti salah satu hadis yang mengatakan "Sesungguhnya Allah itu witir (Bilangan ganjil) dan Dia juga suka kepada hal-hal yang witir (jumlahnya ganjil)."















Sumber:
republika.
liputan6
okezone.
merdeka.
infometafisik
Posted by sandipras

0 comments:

Post a Comment