7 Obyek Unik yang Dibangun di Atas Gedung

Keterbatasan lahan di perkotaan memaksa manusia melakukan pembangunan vertikal. Rupanya, atap-atap gedung pun menghasilkan lahan baru yang kosong. Alhasil, kreativitas pun berlanjut. Ruang tersebut dimanfaatkan lagi untuk berbagai kepentingan.

Hasilnya bisa terlihat pada 7 obyek unik yang dibangun di atas gedung pada daftar di bawah ini.



1. Rumah Miring


Rumah yang disebut dengan nama Fallen Star ini dibuat oleh seniman Korea Selatan, Do Ho Suh dan bisa kamu temukan 'nangkring' di ujung atap gedung lengkap dengan kebun kecil. Suh mendapatkan ide untuk rumah ini saat dia berkunjung ke Inggris. Uniknya, rumah ini tampak miring dan sepertinya harus yang bermental kuat serta tidak takut ketinggian jika ingin ada di dalamnya. Bayangkan bagian lantai seakan melayang di atas udara.



2. Rumah 2 Lantai


Rumah yang dibangun di atas gedung perusahaan ini bisa kamu temukan di Dongguan, provinsi Guangdong - China. Selesai dibangun pada 2011, menurut petugas lokal bangunan ini tidak memiliki izin dan rumah tambahan ini tidak dilaporkan sebagai desain awal bangunan.



3. Kuil Ibadah
 

Kuil ibadah privat ini dibangun di atas sebuah apartemen 20 lantai di kota selatan China, Shenzhen. Sayangnya, kuil yang ada di distrik Nanshan ini dibangun tanpa izin sehingga membuat banyak pihak mempertanyakan keamanannya.



4. Vila Perbukitan


Zhang Biqing seorang pebisnis sukses China dari Beijing menghabiskan 6 tahun membangun sebuah villa dua lantai dengan latar bukit mini di sebuah bangunan apartemen tinggi. Villa ini bisa kamu temukan di kawasan elit Park View. Sayangnya, villa yang dikelilingi pepohonan, teras dan sebuah studio karaoke ini akan diruntuhkan lantaran ilegal. Bahkan warga sekitar mengeluhkah kebisingan pembangunan villa bukit itu terutama material bangunan yang terlalu berat ditakutkan bisa membuat apartemen roboh.



5. Danau Buatan
 

Danau buatan ini bisa kamu temukan di Selfridges, London. Sebelumnya tempat ini merupakan taman di atas atap yang dibuka untuk umum semenjak Perang Dunia II. Danau ini berwarna hijau dan kamu bisa memesan cocktail saat berlayar di atasnya menggunakan sampan mini. Atap ini menawarkan pemandangan London yang spektakuler yang bisa membuatmu melepas lelah pasca berbelanja.



6. Rumah Terbalik
 

Kantor utama Strabag di Slowakia adalah sebuah bangunan hemat energi yang juga memiliki rumah dengan posisi terbalik dibangun di atas atapnya. Perusahaan konstruksi Eropa dengan seniman mereka Erwin Wurm yang membuat bangunan unik ini.




7. Kampung Sederhana
 

Sebuah perusahaan arsitektur Belanda merancang proyek bernama Kampung Didden. Dengan keseluruhan gedung di-cat berwarna biru, mereka membangun dua buah rumah di atas gedung. Dan rupanya tak berhenti hanya di satu gedung saja. Dengan alasan privasi, pihak pengembang membangun Didden Village lagi di tengah tingginya permintaan akan rumah





























Sumber:
kapanlagi.

Posted by sandipras

0 comments:

Post a Comment