4 Tips Memilih Tablet

Tablet sekarang makin menjamur dengan berbagai merk dan fitur yang ditawarkan. Mulai dari yang ternama hingga produk lokal. Bagaimana memilih tablet agar tidak membuang-buang uang Anda?

Ada 4 tips yang semoga berguna dalam memilih tablet. 

pcadvisor.co.uk

1. Pastikan visi Anda dengan tablet incaran. Sebelum melangkah ke counter penjualan tablet, coba tanya dalam hati, "Untuk apa saya membeli tablet?" Setiap jenis tablet sesuai merk pasti ada kelebihan dan kekurangannya, karena itu sebaiknya pastikan agar tak menyesal belakangan.

Contoh, kalau Anda ingin memakai sebanyak mungkin aplikasi, pilihan terbaik pastinya iPad. Dan ini bersaing dengan Galaxy yang walaupun masih setingkat di bawah keluaran Apple. Kalau Anda ingin sering terhubung dengan perangkat komputer yang berbasis Windows, dibanding iPad maka sebaiknya pilih sistem operasi yang mendukung Windows.


2. Perhatikan kapasitas data. Ada banyak pilihan tablet sesuai kapasitas data, misalnya 16 GB, 32 GB, 64 GB hingga 128 GB. Harga yang berkapasitas kecil pasti jauh lebih murah, namun apakah cukup dengan segala kebutuhan Anda? Kalau Anda ingin mengoleksi lagu, foto, aplikasi, pastinya 16 GB kurang tepat.

Lalu harus memilih tablet berkapasitas besar 128 GB? Tidak juga. Anda tentu tak akan menggunakan tablet untuk segala hal. Kecuali Anda pengusaha film atau pecandu yang ingin memasukkan semua film di tablet. Tentu tak ada anjuran yang kaku soal ini, kembalikan lagi pada poin pertama, "Apa tujuan saya membeli tablet?"



3. Perlukah Data Plan? Pada banyak tablet terkini sering ditawarkan Data Plan sebagai opsional sehingga Anda bisa menggunakan internet 3G atau 4G. Namun terkadang uang yang harus Anda bayarkan di akhir bulan malah lebih mahal dibanding Anda menggunakan jasa wifi. Kalau di suatu tempat tanpa jaringan wifi, toh Anda masih bisa menggunakan telepon genggam sebagai induk dan tablet memanfaatkannya. Tampaknya, uang yang harus Anda keluarkan per bulan lebih murah dari Data Plan.



4. Ingat "Harga Penentu Kualitas". Bagaimanapun hal ini berlaku pada segala macam barang yang Anda beli, termasuk tablet. Kalau Anda berencana punya tablet tanpa bosan dan berusia panjang, tak ada salahnya memilih dengan harga sedikit tinggi.

Hal ini berkaitan dengan poin no 2. Sebagai contoh, sebuah tablet dari satu merek A menawarkan opsi 8 GB, 16 GB, dan 32 GB. Harga yang berkapasitas 8 GB pasti jauh lebih murah, tapi apakah sesuai dengan kebutuhan Anda? Selain itu, tablet dengan merek terpercaya dan jaringan servis yang luas sebaiknya jadi pilihan.












Sumber:
voices.yahoo.
Posted by sandipras

0 comments:

Post a Comment