Di mana Lokasi di Bawah Posisi Anda di Bumi ?

Pernah terpikir dimana posisi di bumi yang tepat berada di bawah berlawanan dengan posisi kita? Waktu kecil mungkin ada yang pernah bilang bahwa kalau kita gali tanah di bawah kita sampai tembus di permukaan bumi di bawah kita, maka lokasinya itu di Cina. Ah, itu cuma dongeng masa kecil.
 

Kenyataannya Cina posisinya adalah tepat berlawanan dengan Argentina. Kalau Anda membuat peta yang menunjukkan dimana dua lokasi di belahan bumi saling berlawanan, nanti bentuknya akan mirip seperti ini:

Titik-titik berlawanan pada bumi dinamakan antipoda. Penasaran dimana lokasi yang tepat di bawah lokasi Anda berada? Ada Peta Antipode yang bisa menemukan antipode dari semua lokasi di bumi.

 

Peta antipode


Kebanyakan lokasi di bumi akan menemukan antipode-nya masing-masing di lautan, maklum sebagian besar permukaan bumi ini lautan; dan beberapa beruntung menemukan antipode yang keren! Ini contohnya:

Kalo Anda di Jakarta menggali tanah hingga tembus ke bawah bumi, kira-kira nongolnya di mana ya? Ternyata di Bogotta, Columbia.  

Jakarta <--> Bogotta

Nah, untuk mengetahui tempat tinggal kita berlawanan dengan tempat apa di muka bumi, klik saja di sini: antipode



 








Posted by sandipras

0 comments:

Post a Comment