7 Dasar Penunjang Karir yang Harus Dimiliki

Pengembangan kemampuan seseorang dalam bekerja sangat menentukan dalam pencapaian karir. Menurut Kepala Eksekutif perusahaan tenaga kerja Beyond, Rich Milgram, bukan cuma keahlian teknis yang dibutuhkan perusahaan-perusahaan besar.

"Yang terpenting adalah pola pikir dan penguasaan Anda terhadap teknologi, bisa bekerja dalam tim serta kemampuan menciptakan teknologi yang aplikatif," kata dia seperti dikutip dari Yahoonews.  


Milgram mendata beberapa kemampuan penting yang harus dikuasai dalam meniti karir. 7 hal ini bakal menjadi materi sesi wawancara untuk para pencari kerja.



1. Berpikir kritis. Anda dituntut untuk menggunakan logika dan mengetahui apa yang menjadi kelemahan atau kekuatan dalam mencari solusi.

2. Memecahkan masalah yang rumit. Dalam hal ini, Anda harus memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi masalah dan mencari hal-hal yang relevan untuk memecahkannya.

3. Mengambil keputusan. Skill yang dibutuhkan untuk poin ini adalah menganalisa seberapa besar biaya untuk satu hal dan membandingkannya dengan keuntungan yang akan diperoleh. Dengan analisa tersebut, Anda diharapkan membuat keputusan yang tepat.

4. Kemampuan menyimak secara aktif. Dalam kerja tim, Anda harus bisa mendengarkan pendapat rekan kerja dan menganalisa poin-poin pentingnya. Sesekali Anda harus bertanya tanpa memotong pembicaraan orang lain.

5. Pengetahuan komputer dan alat-alat elektronik. Di jaman modern, semua kantor menggunakan komputer dan alat-alat elektronik canggih. Untuk itu, Anda minimal mengenal cara kerja circuit boards, prosesor, perangkat keras komputer serta aplikasi-aplikasi perkantoran.

6. Matematika. Anda boleh membenci pelajaran ini di sekolah. Namun di dunia kerja Anda pasti bersinggungan dengan aritmatika, aljabar, geometri, kalkulus, statistik serta semua aplikasinya.

7. Sales dan pemasaran. Meski tidak melamar untuk posisi ini, Anda dituntut untuk mengetahui cara kerja tenaga pemasaran. Sebab, apapun produk yang Anda hasilkan, tenaga marketing sangat berperan untuk mengubahnya menjadi uang. 






Sumber:
plasadana
Posted by sandipras

0 comments:

Post a Comment