10 Komunitas yang Mendidik Indonesia

Sistem pendidikan di Indonesia mungkin carut-marut. Kurikulum yang selalu berganti, kekacauan program Ujian Nasional, hingga mahalnya biaya "siluman" walau pendidikan gratis sudah berlaku.

Di antara apatis dan keprihatinan, masih ada gerakan di masyarakat yang begitu peduli agar pendidikan bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Kemajuan negeri ini di masa depan ada di tangan para generasi penerus, dan kepada merekalah bekal-bekal pengajaran yang berguna harus terus diberdayakan.

Inilah 10 komunitas yang telah berjuang yang memaknai sungguh-sungguh Hari Pendidikan Nasional, terus berupaya mencerahkan Indonesia. Berminat bergabung?



1. Indonesia Mengajar
 

Indonesia mengajar membantu mengisi kekurangan guru sekolah dasar, khususnya di daerah terpencil dengan mengirimkan lulusan terbaik Perguruan Tinggi di Indonesia yang telah dididik intensif untuk menguasai kapasitas kepengajaran dan kepemimpinan untuk bekerja sebagai guru selama satu tahun.

Website: http://www.indonesiamengajar.org
Email: info@indonesiamengajar.org
Facebook  :   http://www.facebook.com/IndonesiaMengajar?fref=ts



2. Komunitas 1001 buku
 

Komunitas ini merupakan relawan dan pengelola perpustakaan anak. 1001 buku adalah merupakan organisasi nirlaba, sebuah jaringan relawan dan pengelola taman bacaan anak. 

Berangkat dari keprihatinan atas kurangnya ketersediaan akses atas bahan bacaan bagi anak-anak Indonesia, 1001buku melakukan pengumpulan dan pendistribusian bahan bacaan anak serta penguatan taman baca melalui saran pengembangan kreativitas anak dari masyarakat.. 

Sejalan dengan perkembangannya, 1001buku memfasilitasi penguatan taman-taman bacaan anak yang tergabung dalam Jaringan Taman Bacaan Anak 1001buku, melakukan kampanye-kampanye literasi dan memperkokoh jiwa kerelawanan di seluruh nusantara.
 
Jika ingin lebih tahu lebih banyak mengenai komunitas ini, lihat:
Website: http://www.1001buku.or.id
Email : amaerithia@yahoo.com
Twitter : @1001buku



3. Akademi Berbagi
    
 


Akademi Berbagi adalah gerakan sosial nirlaba yang bertujuan untuk berbagi pengetahuan, wawasan dan pengalaman yang bisa diaplikasikan langsung sehingga para peserta bisa meningkatkan kompetensi di bidang yang telah dipilihnya. 

Bentuknya adalah kelas-kelas pendek yang diajar oleh para ahli dan praktisi di bidangnya masing-masing. Kelasnya pun berpindah-pindah sesuai dengan ketersediaan ruang kelas yang disediakan oleh para donatur ruangan. 

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan lihat di :
Website : http://akademiberbagi.org
Email : akademiberbagi@gmail.com




4. Indonesia Bercerita

Indonesia bercerita adalah suatu gerakan yang muncul dari insiatif mempromosikan dan memberikan upaya mendidik melalui cerita. 

Indonesia Bercerita menyediakan podcast (mp3) berisi cerita-cerita yang membebaskan imajinasi anak untuk menemukan diri terbaiknya. Podcast cerita ini dapat diunduh secara gratis. Adanya podcast ini diharapkan adanya penyebaran kebiasaan bercerita sebagai proses pendidikan secara formal maupun informal.Indonesia Bercerita juga melakukan:

1.Pelatihan Pejuang Pencerita

2.Festival Para Pencerita

3.Festival Menciptakan Cerita

Untuk keterangan lebih lanjut,bisa didapatkan di
Website : http://www.indonesiabercerita.org
Email : bukik@idcerita.org
Twitter : @IDcerita




5.  Pencerah Nusantara

Pencerah Nusantara adalah mengenai menciptakan perubahan pola pikir dalam masyarakat. Meskipun berpusat pada upaya kesehatan, mengobati penyakit bukanlah tujuan kami. 

Dengan adanya para Pencerah Nusantara, di harapkan akan menjadi perubahan paradigma mengenai kesehatan. Menjaga kesehatan adalah upaya mencegah kesakitan yang dilakukan bersama, dan para Pencerah Nusantara lah yang akan memulai perubahan ini.Keterangan lebih lanjut bisa didapatkan di:

Website : http://pencerahnusantara.org
Email : pencerahnusantara@gmail.com



 
6. Save Street Child
 

Save Street Child adalah komunitas skala nasional yang berupaya menjadi wadah penggerak yang peduli terhadap permasalahan anak jalanan. Kegiatan yang dilakukan banyak, dengan lebih berfokus pada diseminasi dan kampanye kepedulian tentang anak jalanan. 

Komunitas Save Street Child berusaha untuk memanusiakan mereka kembali dengan berfokus pada kegiatan-kegiatan yang bisa diikuti semua lapisan masyarakat supaya bisa bergerak bersama, misalnya even-even, dan program pemberdayaan melalui pendidikan. 

Komunitas ini juga bekerja sama dengan berbagai pihak tanpa ingin bergantung secara jangka panjang, dan memiliki kegiatan galang-dana (fundraising) untuk menopang keuangan secara mandiri dan independen.

Keterangan lebih lanjut,bisa didapatkan di:
Website : http://savestreetchild.org
Email : gerakan@savestreetchild.org




7. Transformasi Hijau

 

Transformasi Hijau adalah komunitas relawan yang bergerak pada isu pendidikan lingkungan dengan mendorong para generasi muda sebagai pemeran utama dalam upaya pelestarian lingkungan

Kegiatan yang dilakukan TRASHI merupakan kegiatan sosial, karena TRASHI tidak dapat berdiri sendiri. Oleh karena itu, selain melibatkan sekolah, TRASHI juga menggandeng komunitas dan organisasi lingkungan di Jakarta seperti GEF, Yayasan KEHATI, Rimbawan Muda Indonesia, Jakarta Green Monster, River For Life, Biotiful Jakarta, Teens Go Green, Jakarta Birdwatcher’s Society, Kelompok Studi Ekologi Perairan Universitas Nasional, dan UKF Institut Pertanian Bogor.

Website : http://www.transformasihijau.blogspot.com
Email : trashi.info@gmail.com
Twitter : @trashicool




8. Komunitas Jendela

 


Komunitas Jendela adalah sebuah komunitas sosial yang bergerak di bidang pendidikan anak, khususnya untuk meningkatkan minat baca anak-anak. Namun kegiatannya tidak terbatas perpustakaan saja. Sesuai dengan tagline mereka yaitu “We are not just building a library, we are building a future”.

Sebenarnya basis Komunitas Jendela itu di Jogja, namun saat ini mereka buka “cabang” di Jakarta. Kegiatan rutin yang sudah dijalankan Komunitas Jendela di Jogja adalah “Bermain Sambil Belajar” bareng anak-anak di shelter Merapi. 

Untuk yang di Jakarta konsep kegiatan Komunitas Jendela konsepnya sama, namun sasaran mereka adalah anak-anak dari keluarga pemulung yang tidak mempunyai kesempatan untuk bersekolah. Aktivitasnya adalah mengajar membaca, menulis, dan berhitung, sambil tetap memperkenalkan buku ke anak-anak tersebut.

Website : www.komunitasjendela.org.
Email :  komunitasjendela@gmail.com
Fanpage Facebook : Komunitas Jendela
Twitter : @JendelaJakarta atau @IniJendela



 
9. Indonesia Menyala


Indonesia Menyala adalah gerakan buku dan perpustakaan yang diinisiasikan oleh Gerakan Indonesia Mengajar. Filosofi dibalik pemilihan nama ini, menurut Bapak Anies Baswedan, adalah anak-anak desa yang menyala akal dan budinya karena membaca buku yang baik bersama para Pengajar Muda, bagaikan ribuan dan jutaan lampu yang menyalakan Indonesia. 

Indonesia menjadi menyala, tidak hanya karena sumber daya alamnya tetapi karena sumber daya manusianya yang menyala. Karena itu, program ini diberi nama Indonesia Menyala.

Kegiatan komunitas ini berupa donasi buku,donasi dana,tenaga,ide dan masih banyak lagi.

Untuk keterangan lebih lanjut
Email : penyala@indonesiamengajar.org
FB Group : Indonesia Menyala dan
FB Fanpage : Indonesia Menyala
Twitter : @Penyala




10. Skholatanpabatas
 


Skholatanpabatas (STB) sebagai wujud keinginan untuk berbagi tanpa batas kepada siapapun yang membutuhkan dalam hal pembelajaran tentunya. Tanpa perlu ada batasan dinding, pakaian, tempat tinggal, strata sosial, suku, agama, gender dan lain-lain dan kesemuanya kami lakukan secara tulus dan ikhlas untuk berbagi kepada sesama.

Adapun beberapa program/aktifitas dari STB yaitu:

1.English Weekend/English Day yaitu program pengenalan bahasa Inggris di kalangan peserta didik.

2.Jejaring Anak Indonesia yaitu Program yang merupakan kegiatan berbalas surat/ surat menyurat antara komunitas/sekolah dampingan kami dengan beberapa lembaga/komunitas/sekolah yang ingin melakukan hal yang sama.

3. Training/Workshop/Seminar yaitu program yang dilakukan di komunitas dampingan kami maupun jika ada permintaan untuk melakukan di tempat lain dengan kegiatan yang berkaitan dengan Pendidikan, Kesehatan Lingkungan, Lingkungan Hidup. 

4. Skhola berbagi di Panti yaitu program yang dilakukan di beberapa panti asuhan baik yang dilakukan atas inisiatif sendiri maupun atas permintaan panti sebagai salah kepedulian kami untuk sahabat skhola di panti asuhan

Website : http://skholatanpabatas.wordpress.com
Twitter : @skhola_stb







 


Sumber:
kompasiana
Posted by sandipras

1 comments:

Anonymous said...

Why you'll never get the whole truth about drugs, and risky surgeries from almost any doctor
(Even if they wanted to tell you, this is why they CAN'T.

So before you try prescription drugs or surgery, try alternative medicine,
which is non-invasive, safe and effective.
You will want to give this herb various weeks to do its function.

Post a Comment