Ya Ampun, Ratusan Batu Nisan di Pohon ini...

Ada sebuah pohon di London yang sangat terkenal karena keunikannya. Pohon yang terletak di dekat gereja St Pancras ini berdiri diatas ratusan batu nisan yang tumpang tindih.

Keberadaan pohon yang sudah sangat tua dengan ratusan batu nisan dibawahnya, tentunya mengundang pertanyaan di benak banyak orang. Bagaimana ceritanya?

 


Kisah dibalik pohon tersebut bermula pada masa revolusi industri di Inggris, saat kawasan industri dibangun secara besar-besaran di London. Pembangunan juga termasuk membangun jalur rel kereta api untuk memudahkan pengangkutan bahan baku industri. Jalur rel kereta api yang akan dibangun rupanya melewati kawasan pemakaman yang berada di dekat gereja St Pancras.

Alhasil, makam-makam yang ada harus dipindahkan agar bisa digunakan sebagai jalur kereta api. Maka, semua jenazah yang ada kemudian diangkut dan  dipindahkan dari makamnya, lalu dikremasi dan ditaruh dalam satu tempat di bawah pohon. Sementara batu nisan ditanam begitu saja didekat pohon.

Dulu pohon tersebut masih kecil. Namun, seiring pohon tersebut tumbuh, batu-batu nisan yang ada disampingnya kemudian ‘tertelan’ dan menjadi satu dengan pohon tersebut.




 


Sumber:
wartague
Posted by sandipras

0 comments:

Post a Comment