Emosi Sering Berubah ? Bisa Jadi Bipolar, tuh

Waspadalah jika suasana hati berubah sangat ekstrem dan tiba-tiba, bisa jadi itu tanda-tanda gangguan bipolar. Hal ini biasanya dikenal dengan kepribadian ganda karena periode temperamen dan depresi yang bergantian.

Kepribadian Ganda/bipolar merupakan gangguan otak yang menyebabkan pergeseran dalam suasana hati, energi, dan kemampuan seseorang untuk berfungsi. Gejala gangguan bipolar dapat menghasilkan hubungan yang merusak, kesulitan dalam bekerja dan bahkan bunuh diri.

 
 cobbersonthebrain.areavoices.com

Perasaan senang dan sedih muncul secara tidak menentu dan berlangsung tiba-tiba termasuk dalam kategori gangguan penyakit jiwa bipolar. Bipolar itu sendiri adalah gangguan afektif bipolar. Mood atau keadaan emosi internal merupakan penyebab utama dari gangguan ini.

 Mereka yang mengalami gangguan bipolar ini beralih dari perasaan sangat senang dan gembira ke perasaan sangat sedih atau sebaliknya. Dua kutub mood tinggi dan rendah, saling bergantian.

Di antara episode peralihan mood ini bisa saja orang megalami mood yang normal. Bisa dikatakan bahwa insiden gangguan bipolar tidak tinggi antara 0,3-1,5 persen. Tapi angka tersebut belum termasuk yang misdiagnosis. Risiko kematian terus membayangi penderita bipolar dan itu lebih karena mereka mengambil jalan pintas.

Penyebab gangguan ini tidak diketahui secara pasti. Para peneliti pun mengatakan bahwa terjadi disregulasi heterogen dari neurotransmitter atau zat kimia di otak.

Faktor genetika dinilai melalui suatu mekanisme gen yang kompleks, sedangkan peristiwa-peristiwa kehidupan dan stres lingkungan merupakan faktor psikososial yang sering mendahului episode pertama dari gangguan bipolar tersebut.

Gejala umum gangguan bipolar termasuk makan yang berlebihan, minum minuman beralkohol, gangguan suasana hati, penggunaan narkoba, dan tidak pernah puas terhadap hubungan seksualnya. Orang-orang yang pernah mengalami stres tinggi atau bekerja dalam tekanan lebih mungkin mengalami gangguan ini.


Contoh Selebritas pengidap gangguan bipolar:

1. Russell Brand
 
www.supersimbo.com 

Russell Brand adalah seorang komedian nyentrik asal Inggris yang sebenarnya mencapai kesuksesan akibat gangguan bipolarnya. Brand dikenal dengan ketidakstabilan emosinya, dimana dirinya telah mengalami masa sulit sejak kecil.


 2. Catherine Zeta-Jones
 
www.funscrape.com 

Awalnya, Catherine mengalami stres yang cukup kronis selama setahun akibat vonis kanker yang dialami oleh suaminya, Michael Douglas. Saat Catherine melakukan tes kesehatan, ternyata dokter menyatakan bahwa dirinya mengalami gangguan bipolar, yang ditandai dengan serangan depresi.

Catherine harus menjalani beberapa pengobatan untuk memasyikan bahwa kesehatan mentalnya mulai stabil sebelum dirinya memutuskan untuk kembali bekerja.


3. Kurt Cobain
 
 diffuser.fm 

Dikenal sebagai pentolan band rock pencuat aliran grunge versi Seattle, Nirvana. Sayangnya Cobain didiagnosis dengan Attention deficit hyperactivity disorder (ADD) pada usia muda dan kemudian dengan gangguan bipolar.


4. Tom Waits
 
www.rollingstone.com

Tom Waits adalah seorang penyanyi eksentrik, penulis lagu, dan aktor yang gemar minum minuman beralkohol untuk meredakan depresinya. Ketika suasana hatinya tiba-tiba berubah menjadi pilu, Waits merekam lagu yang menggambarkan suasana hatinya kemudian sikapnya menjadi sinis, pesimis, dan patah hati.




 

Posted by sandipras

2 comments:

Anonymous said...

KlimaX

lilies cayank said...

knamx ejikulasi

Post a Comment