Tahun Baru di Kota-kota Indonesia, Ada Apa Saja?

Bagaimana kota-kota besar Indonesia menyambut tahun baru? Tidak semua menyiapkan agenda perayaan besar-besaran. Beberapa kota menerapkan car free night, ada juga yang mengisi dengan dzikir dan tabligh akbar.

Dari Barat hingga Timur, inilah kota-kota yang bisa jadi destinasi kemeriahan tahun baru. Bukan berarti kota-kota wisata seperti Bali, Balikpapan, Makassar atau Yogyakarta tidak punya acara, hanya tidak terpusat dan masing-masing tempat menggelar acar sendiri.

newyear2013.in


Medan.

Pemkot Medan menggelar pesta rakyat dan serangkaian kegiatan sosial dalam menyambut Tahun Baru 2013.

"Selain zikir akbar, juga memberikan santunan 1.000 anak yatim dan sebagai puncak kegiatan akan digelar malam pesta rakyat dan pesta kembang api," kata Wali Kota Medan Rahudman Harahap kepada wartawan, dilansir Antara.

Seluruh rangkaian kegiatan ini dipusatkan di Lapangan Benteng Medan, mulai Senin pagi. Untuk zikir, doa dan tausiah, akan diikuti lebih dari 1.000 peserta yang dimulai pukul 08.30 sampai 12.00 WIB. Setelah itu pukul 14.00-15.00 WIB dilanjutkan dengan santunan 1.000 anak yatim dari berbagai agama yang berasal dari 10 panti asuhan di Kota Medan.




Pekanbaru


Pekanbaru akan menerapkan car free night di Jalan Gajah Mada. Car free night akan diterapkan mulai Senin (31/12) pukul 21.00 hingga Selasa (1/1) pukul 01.00. Saat pelaksanaan kegiatan ini, semua jenis kendaraan bermotor tidak boleh masuk ke ruas Jalan Gajah Mada.

Pada malam pergantian tahun ini, seluruh kendaraan bermotor yang hendak masuk ke Jalan Gajah Mada menuju Jalan Sudirman akan dialihkan melalui Jalan Kartini atau Jalan Patimura.



Palembang

Walikota Palembang H Eddy Santana Putra akan menggelar acara zikir akbar di Masjid Agung pada malam itu. Eddy juga mengharapkan masyarakat bisa bergabung bersama jemaah zikir tersebut.

"Dengan zikir, masyarakat yang hadir, termasuk pejabat pemerintahan dapat menyukuri atas nyaman dan kondusifnya Palembang saat ini. Di kesempatan itu, kita juga bisa berdoa agar Palembang bisa lebih baik lagi," kata Eddy.

 Bukan hanya Jakarta yang menerapkan Car Free Night / wartanews.com

Bandung

Menjelang malam pergantian tahun, jajaran Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung akan memberlakukan Car Free Night atau Malam Tanpa Kendaraan Bermotor di beberapa ruas jalan di kota Bandung.

Penerapan Car Free Night ini merupakan solusi untuk agar kendaraan tidak menumpuk di pusat kota, yang rencananya akan dipusatkan di lokasi sepanjang jalan Merdeka dan jalan. Ir. H. Djuanda atau jalan Dago.


Lombok

Pemerintah Kabupaten Lombok Barat menggagendakan kegiatan spektakuler perayaan Tahun Baru 2013 di kawasan pariwisata Senggigi, Pulau Lombok, Nusa Nusa Tenggara Barat (NTB) yang melibatkan musisi internasional.

Sedikitnya lima orang Disk Jokey (DJ) yang berpengalaman internasional, telah diundang dan telah mengonfirmasi kehadirannya. Pesta pantai dengan musik yang gemerlap tampaknya siap digelar di tempat ini.


Jayapura

Pemerintah Provinsi Papua menyiapkan Pesta Rakyat Papua menyambut Tahun Baru 2013 yang dipusatkan di halaman kantor gubernur dan sekitar Teluk Youtefa, Kota Madya Jayapura.

Pesta Rakyat Tahun Baru 2013 itu akan menghadirkan artis ibukota asal Papua, yakni Edo Kondolangit dan Eduard Isir bersama artis daerah, dan dimeriahkan pula pertujukkan kembang api.

Kembang api seberat tiga ton dengan 22.000 ledakan, akan diarahkan terbang menuju tengah laut di perairan Teluk Youtefa yang tepat terletak di depan Kantor Gubernur Papua. Satu lagi yang menarik, kabarnya saat kegiatan itu dilaksanakan, berbagai jenis makanan akan disajikan secara gratis.

Bagi yang tinggal di Jawa Tengah dan Jawa Timur, menurut BMKG harus waspada karena ada kemungkinan hujan deras akan mengguyur Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya selama malam pergantian tahun.
Posted by sandipras

2 comments:

Anonymous said...

Follow @ildanairb di sumenep juga ada min.. Sman 1 sumenep

Anonymous said...

Papua itu paling jor jor an deh klo kembang api pas taun baru!!! Ga tanggung" kembang api nya! Orang kota ja kalah

Post a Comment