Apa Kabar Dunia

Mengapa Planet kita Disebut 'Bumi' ?

Bagaimana cara planet yang kita tinggali dinamakan 'Bumi' ? Pertama, penting untuk memahami bahwa setiap bahasa hampir memiliki nama sendiri untuk planet ini. Misalnya disebut 'terra' dalam bahasa Portugis, 'dunya' dalam bahasa Turki, atau 'aarde' dalam bahasa Belanda. Namun, apa pun bahasanya, semua kata tersebut memiliki arti yang sama, yakni: tanah.


 


Kita ambil contoh, bahasa Inggris modern menyebut planet kita dengan 'Earth' dan ini tentu ada kemiripan bunyi dengan 'aarde' dalam bahasa Belanda, atau 'Erde' dalam bahasa Jerman. Karena nenek moyang mereka berasal dari rumpun yang sama yakni Anglo-Saxon (Inggris-Jerman) maka semua kata itu mengartikan 'tanah'.

Sekadar catatan, dalam bahasa Inggris lama, bumi disebut 'EOR (th) e' atau 'ertha'.
Nah, bagaimana dengan Bahasa Indonesia, mengapa disebut 'bumi' ? Kata 'bumi' diambil dari bahasa Sanskerta: bumi atau bhumi, dan kata ini pun mengartikan: tanah.


Fakta menarik

Ada sedikit fakta menarik soal planet bumi. Seperti kita ketahui, semua nama planet di tata surya (Merkurius, Mars, Jupiter, dan selanjutnya) diberi nama sesuai mitologi Yunani. Setiap planet tersebut memiliki dewanya masing-masing. Mars adalah dewa perang, Jupiter adalah raja para dewa, ia juga menjadi dewa langit dan petir. Demikian seterusnya.

Nah, bumi menjadi satu-satunya planet yang tidak mempunyai padanan dewa dalam mitologi tersebut. Alasannya adalah, penciptaan bumi memiliki kisah sendiri yang berhubungan dengan Gaia (goddes of earth - bunda bumi).

Kembali ke asal-usul kata 'bumi' dalam bahasa kita, mungkin ada yang bertanya, "Bila bumi diambil dari bahasa Sanskrit, bagaimana dengan kata 'dunia', dari mana asalnya?" Untuk menjawabnya, coba perhatikan lagi paragraf awal maka kamu akan mengerti etimologi dari kata 'dunia'.







Sumber:
Posted by patah

4 comments:

Kurui Bara said...

dunia=dunya dari bhs turki keren

Anonymous said...

Berarti saat zaman kerajaan pedagang Turki ke Indonesia kata "Dunya" mulai dipake

Anonymous said...

Dri bhasa Arab kali

Anonymous said...

Setahu saya, Dunya -> Turki; brsifat kebumian dan mmiliki ambisi >< aakhira;alam spiritual/hdp yg sbnrny, disadur dari istilah dalam Qur'an dunyaa yg sllu dsndingkn dgn aakhira; *mohon diralat jika salah

Post a Comment