Waspada, Lebah Ini Mengincar Keringat dan Air Mata Manusia

Ternyata ada sejenis lebah yang sukanya meminum air mata dan keringat manusia. Hal ini karena cairan tubuh manusia banyak mengandung garam dan protein yang bermanfaat sebagai nutrisi bagi lebah sehingga mereka sering "mencurinya" untuk dikonsumsi.


Sebuah artikel terbaru di Wall Street Journal mengenai lebah keringat mengatakan, "Lebah ini lebih memilih manusia yang berkeringat, dibandingkan dengan kebanyakan binatang, karena pola makan manusia biasanya sangat asin sehingga keringat mereka kaya dengan nutrisi penting."

Sebuah spesies baru dari jenis lebah ini (Lasioglossum gotham) ditemukan baru-baru ini di tengah kota Brooklyn.

Walaupun spesies baru ini termasuk dalam kategori lebah, tetapi mereka kecil dan jarang menyengat. Jadi, orang-orang sering tidak menyadari ketika lebah keringat mampir di tangan atau kaki mereka.

Para ilmuwan di Thailand mengambil langkah lebih jauh untuk meneliti jenis lebah baru ini. Mereka menggunakan mata mereka sendiri untuk memancing lebah.

bees.JPG

Mereka juga menyiapkan daging, Ovaltine, keju, dan makanan lain untuk dipilih para lebah, tetapi ternyata lebah keringat tetap memilih air mata manusia untuk dikonsumsi.

Dalam penelitian yang berjudul "Lebah yang Meminum Air Mata Manusia", para ilmuwan menuliskan, "Saat mendarat, mata yang otomatis mengedip biasanya mencegah lebah untuk mendapatkan pegangan yang kokoh, sehingga ia akan jatuh dari bulu mata. Jika demikian, lebah akan terus-menerus mencoba lagi dan lagi sampai berhasil, atau akan menyerah dan terbang menjauh pada akhirnya."

Dalam beberapa kasus, lebah mendekat dengan sangat halus sehingga peneliti tidak menyadari bahwa ada beberapa ekor Lisotrigona yang melekat pada kelopak mata dan menghisap air mata.

Setelah mendarat dan menghisap air mata, peneliti sering tidak merasakan kehadiran lebah dan pada akhirnya menggunakan kaca untuk memastikan apakah ia masih di sana atau sudah pergi.

"Bagaimanapun, ketika beberapa lebah ikut terlibat, pengalaman ini menjadi agak tidak menyenangkan, menyebabkan air mata mengalir dengan kuat. Begitu seekor lebah menetap dan ada lebih banyak yang mendekat, mereka cenderung saling berdekatan satu sama lain."

"Menutup mata tidak selalu dapat mengusir lebah, malahan beberapa lebah masih terus menghisap pada celah mata. Mereka bahkan tetap dapat bertengger saat mata ditutup."



Ilmuwan akhirnya berhasil menangkap 262 lebah peminum air mata ini dengan menggunakan mata mereka sebagai umpan.

Hipotesa yang mereka simpulkan adalah para lebah ini memanfaatkan air mata manusia sebagai protein utama, walau kandungan garam pada air mata mungkin juga menjadi daya tarik bagi mereka.


Sumber :
idbite.com
Posted by radhite

1 comments:

KODINK 354 said...

Waduh kalau habis olahraga.
Pasti lebahnya langsung menyerbu semua anggota tubuh tuh.

Ich celem ! ! !

Post a Comment