Perhatikan 7 Simbol Agar Pakaian Awet

Bila kamu membeli pakaian, jangan lupa perhatikan simbol cara merawatnya. Pada T-shirt biasanya terdapat di label, atau bagian kaus lain tergantung produsennya. Hal ini ternyata penting agar usia pakaian bisa lebih lama dan tak cepat rusak.

Inilah 7 simbol yang harus diperhatikan:


1. Temperatur
 

Simbol temperatur menunjukkan suhu yang dibutuhkan atau bisa ditolerir oleh pakaian tersebut. Ada juga simbol dua tanda yang berarti harus di wool-wash dan mungkin harus dicuci dengan mesin khusus. Tapi kalau tak ada tanda apapun, silahkan cuci asal jangan melebihi 40 derajat Celcius.



2. Pemutih?


Sebaiknya baca dulu simbol pemutih sebelum memberikan cairan pemutih. Simbol pemutih digambarkan dengan logo segitiga. Kalau pakaian yang tak boleh diberi pemutih, gambar segitiganya dicoret silang. Mudah kan?



3. Boleh dicuci dengan mesin?



Ada pakaian yang memiliki simbol gambar tangan. Artinya, pakaian ini tak boleh dicuci dengan mesin cuci alias harus manual dengan tangan. Kalau dipaksa dengan mesin cuci, jangan salahkan kalau pakaiannya nanti mudah rusak.



4. Dry cleaning? 


Kalau mencuci dengan cara dry cleaning, noda-noda bandel seperti cat atau bahan-bahan kimia lainnya bisa dihilangkan dengan mudah. Tapi cara mencuci dry cleaning ini mempunyai efek negatif yang bisa membuat warna pakaian pudar dan mengekrut. Simbol dry cleaning adalah gambar lingkaran di label pakaian. Kalau lingkaran dicoret silang, maka dry cleaning adalah haram hukumnya.



5. Cara mengeringkan

Kalau ada satu titik di dalam gambar lingkaran dalam sebuah kotak, berarti pakaian tak boleh dikeringkan di suhu tinggi. Sebaliknya pakaian boleh dikeringkan dengan suhu tinggi bila ada dua titik. Kalau tanda silang bagaimana? Nah ini artinya harus dikeringkan manual, tak boleh pake mesin.



6. Boleh diperas?


Kebiasaan kita sehabis mencuci adalah langsung diperas. Tujuannya sih agar pakaian cepat kering, betul? Tapi ada loh pakaian yang tidak boleh diperas. Biasanya simbol larangan untuk memeras pakaian dicantumkan jika memang dilarang.



7. Suhu setrika
 

Gambar setrika juga mirip dengan cara mengeringkan, yakni ada gambar titiknya. Kalau titiknya satu, pakaian tak boleh disetrika di suhu tinggi. Suhu hangat jika ada dua titik dan suhu tinggi bila ada tiga titik. Dengan begini, setrika jadi mudah kan?





Sumber:
gugling.com
Posted by sandipras

0 comments:

Post a Comment