Kota Kertas Praha

Pernah membayangkan sebuah kota besar dibuat miniatur dari kertas dengan sangat rinci, persis seperti aslinya?

Datanglah ke Museum Kota Praha, di tempat ini kita bisa melihat sebuah karya seni spektakuler dari abad 19. Sebuah model (maket) kota Praha dengan skala 1:480 dengan ukuran 5,76 meter kali 3,24 meter. Ini adalah model Praha 150 tahun lalu. Siapa seniman  hebat penciptanya?

 
 abcprague.com


Anton Langweil, lahir 1791 di Cesky Krumlov. Besar dalam keluarga yang sangat mementingkan pendidikan. Langweil menghabiskan waktu hingga empat tahun untuk belajar geometri, matematik, menggambar, pembukuan, dan ilmu model berskala. Ia juga sempat ke Wina, Austria untuk belajar litografi.

Sebagai seorang berpendidikan tinggi, awalnya ia mencoba membangun bisnis namun tidak berhasil. Akhirnya ia bekerja di perpustakaan universitas ibukota, Praha.

Di tahun 1826 Langweil mengunjungi pameran dan melihat sebuah model kota Paris. Saat pulang ia memutuskan untuk membuat kota model Praha dari kertas.

 
 Meeralee / flickr 

radio.cz

 
derdriu.hubpages.com


Langweil mulai bekerja pada 13 Juli 1826 tepat di hari ulang tahunnya ke-35. Sejak saat itu dia berjalan-jalan mengelilingi ibukota dari jam empat pagi hari atau di malam hari untuk membuat sketsa.

Setelah tiga tahun kerja keras, akhirnya model kota Praha dari kertas selesai. Maket ini mencakup sekitar 600 rumah dan bangunan lainnya. Semua terpapar sangat rinci sesuai apa yang dilihat Langweil. Bahkan sebuah kaca yang pecah di sebuah rumah dan tangga yang bersender di dinding ikut "direkam" pada model kertas Praha.

Tampaknya Langweil bekerja terlalu keras, karena waktu dan uangnya habis demi karya seni ini. Saat ia meninggal karena TBC di tahun 1837, istrinya harus menjual karya ini kepada Kaisar walau dengan harga yang tak sepadan. Akhirnya oleh Kaisar Ferdinand I diletakkan di museum Praha hingga sekarang.






Sumber:
radio.cz
Posted by sandipras

0 comments:

Post a Comment