Mobil Lipat, Jawaban Dunia Transportasi

Berbagai media di dunia sebulan terakhir ini sedang ramai dengan inovasi yang dikembangkan oleh kelompok MIT's Changing Places. Yakni, kehadiran mobil lipat.



berita21.com


Tak tanggung-tanggung, mobil lipat hasil kerja sama peneliti di MIT dengan Lembaga Denokinn di Basque, Spanyol yang disebut Hiriko Fold ini rencananya akan mulai dipasarkan tahun 2013 di kisaran harga £ 10.000 atau sekitar Rp 148 juta.

Cara Hiriko bermanuver
Hiriko Fold dirancang untuk dua penumpang, dilengkapi dengan zero-turn radius wheels, yang memungkinkan kendaraan ini bergerak ke samping sehingga parkir pararel menjadi lebih mudah.

Hebatnya lagi, keempat roda bisa berbelok 60 derajat, yang memungkinkan kendaraan dapat berputar sumbunya atau berbalik arah dengan mudah. Berarti untuk parkir sangat gampang, tidak perlu maju-mundur.

Teknologi setir mengikuti setir model pesawat terbang - heptic steering wheel. Artinya, untuk mempercepat laju mobil, setir hanya ditekan ke depan. Sebaliknya bila ingin mengurangi kecepatan, ditarik ke belakang. Selanjutnya, bila ingin berbelok, putar sesuai dengan arah yang diinginkan.



tempo.co

Sumber daya
Hiriko Fold merupakan mobil listrik ultra kompak, menggunakan baterai lithium-ion yang bisa diisi penuh dalam 15 menit. Baterai ditempatkan di lantai untuk menjaga titik pusat mobil rendah. Dengan demikian, stabilitas dijamin mantap.

Laju kendaraan
Keempat roda langsung dipasangi motor listrik bertenaga 15 kW. Karena dirancang untuk jarak dekat di dalam kota, kecepatan maksimumnya dibatas 50 kpj. Sedangkan jarak tempuh 120 km.

Memang, tidak bisa dibandingkan dengan mobil mewah berkecepatan tinggi. Namun, untuk transportasi di perkotaan, Hiriko adalah salah satu solusi mengatasi masalah.

Kabarnya, bobot total mobil ini hanya 500 kg dan didaftarkan sebagai sepeda motor empat roda, yang berarti di beberapa negara tidak perlu SIM untuk mengemudikannya.

Seperti apa bentuk nyata prototipe Hiriko Fold, bisa lihat pada video di bawah ini.










Sumber:
otomotif.kompas
www.tempo.
Posted by sandipras

0 comments:

Post a Comment