Jenazah yang Tetap Utuh Setelah 130 Tahun

Pada tanggal 7 Januari 1844, dari pasangan Francois Soubirous -seorang pengusaha penggilingan gandum yang jatuh miskin- dan isterinya, Louise Casterot, lahirlah seorang bayi, anak mereka yang sulung. Bayi itu mereka beri nama Marie Bernarde. Karena perawakannya yang kecil mungil, anak itu kemudian biasa dipanggil Bernadette (Bernarde kecil).

 


Sejak bayi kesehatan Bernadette kurang baik. Ia selalu saja menderita sakit, terutama asma. Bukannya mengeluh, tetapi Bernadette mempersembahkan semua penderitaannya kepada Tuhan sebagai silih demi pertobatan orang-orang berdosa. 

Bagi Bernadette, sakit juga bukan berarti bebas dari segala tugas dan kewajiban. Ia tetap harus membantu ibunya mengasuh kelima adiknya. Dan ketika Bernadette telah dianggap cukup umur, ia pun harus bekerja sebagai pembantu dan penggembala ternak.

Suatu hari, pada tanggal 11 Februari 1858, suatu peristiwa yang luar biasa terjadi. Ketika ia bersama seorang adik dan seorang temannya sedang mencari kayu bakar di padang, Bunda Maria menampakkan diri kepadanya di sebuah gua yang disebut Massabielle (=Batu Besar), di tepi sungai Gave dekat kota Lourdes.

Bernadette tidak tahu siapa wanita cantik itu dan apa yang ia inginkan. Bunda Maria menampakkan diri kepadanya sebanyak 18 kali. Pada tanggal 25 Maret 1858, pada penampakannya yang ke-16, Bunda Maria mengungkapkan siapa dirinya, "Akulah yang Dikandung Tanpa Dosa." ('Que Soy Era Immaculada Conceptiou' atau 'I Am The Immaculate Conception').
 




Setelah peristiwa penampakan itu Bernadette semakin banyak menderita, baik karena kecurigaan orang-orang yang tidak mau percaya, oleh perhatian berlebihan dari mereka yang percaya serta ancaman dari penguasa setempat. Semuanya itu ditanggungnya dengan tabah dan sabar.

Pada usia 22 tahun, Bernadette menggabungkan diri dengan Suster-suster Karitas di Nevers, Perancis. Tiga belas tahun lamanya ia tinggal di biara dan sebagian besar dari waktu tersebut dihabiskannya di tempat tidur karena sakit yang dideritanya.

"Pekerjaanku semakin maju," kata Bernadette.
"Pekerjaan apa?" tanya seorang suster keheranan.
"Pekerjaan bersakit-sakit!" jawabnya sambil tersenyum.
Bernadette seorang yang sangat rendah hati. Lebih dari apa pun, ia tidak ingin dipuji. Suatu ketika seorang suster bertanya kepadanya apakah ia merasa bangga karena dipilih oleh Bunda Maria. "Bagaimana mungkin," Bernadette cepat-cepat menjawab, "Bunda Maria memilih saya justru karena saya inilah yang paling hina." Suatu jawaban dari kerendahan hati yang paling dalam!

Bernadette wafat pada tanggal 16 April 1879 dalam usia 35 tahun karena penyakit tuberculosis. Tubuhnya masih utuh hingga kini meskipun ia telah meninggal lebih dari seabad yang lalu. Pada tahun 1933 Bernadette diangkat sebagai santa oleh Paus Pius XI. Pestanya dirayakan pada tanggal 16 April.



Lourdes

Tempat Bernadette melihat penampakan Bunda Maria menjadi lokasi peziarah umat Katolik dunia. Konon, saat Bunda Maria muncul, Bernadette diminta meminum dari sumber air dalam gua. Namun, tak ada sumber air sama sekali di sana. Bernadette pun menggali di suatu tempat yang ditunjukkan kepadanya. Ajaib, dari tempat tersebut memancar mata air.


 
lourdes-france.org


Air yang hingga kini masih memancar itu dipercaya mempunyai daya penyembuhan yang luar biasa, meskipun para ahli ilmu pengetahuan tidak dapat menemukan adanya zat-zat yang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit. 





Sumber:


Posted by sandipras

17 comments:

ahmadev said...

Percaya gak percaya, aku tetep yakin ma islam..

Anonymous said...

Jangan percaya sama islam!!! Melainkan percayalah pada TUHAN, Allah penciptamu....hanya DIAlah satu2nya yg layak kamu percayai...

Anonymous said...

Ini namanya mumi

Anonymous said...

Mumi bikinan manusia... Lemarinya pasti dibikin kedap udara dan bakteri, coba kalo berani kubur di dalam tanah, pasti ancur tuh body... Hahaha

Anonymous said...

apapun itu tetap saja itu adlah gambaran dari Allah, untuk manusia, apakah kita dari agama manapun, agar mnjadi sbuah ksimpulan, bahwa Allah mahaPengasih & penyayang.

Anonymous said...

islam agama yg sdh di smpurnakan, yg laen batal, cuma saja kita yg muslim blum mampu mendalami nya, karna islam terkalu luas, mendalam.

Anonymous said...

Hati hati jangan cepat percaya dengan yang komen itu...dia sengaja mau menbuat kita emosi ....biarkan saja lah ia berkicau

Anonymous said...

ya,, tetaplah percaya pada Allah,, yang tiada tuhan, selain Dia..
Berikut diatas adalah salah satu contoh kasih sayangnya kepada makhluknya..

Anonymous said...

Islam itu begitu mulia,, orang Islam tau kalau Tuhan itu Maha Pengasih,, Maha Penyayang,, pada setiap makhluknya,..
Islam atau bukan Ia tetap mencurahkan kasih dan sayang pada makhluknya,, setiap makhluk..
"...dan Kami beri mereka kenikmatan di dunia,, lalu kami azab mereka (yang berdosa) di akhirat..."..
Orang Islam tau,, orang Islam percaya..

Anonymous said...

Agama itu bukanlah untuk diperdebatkan,,,,,tapi untuk diamalkan....tidak juga dipakai untuk melakukan suatu pembenaran yg salah melainkan untuk menjadikan unatnya menjadi orang benar...... Agamaku adalah agamaku dan agamamu adalah agamamu..... Agama tidak dapat lepas dari sebuah masalah sejarah.....agama yang kita anutpun tidak lepas dari sejarah orang tua dan diri kita sendiri..... Maka dari itu nilai seorang manusia bukanlah dari agamanya melainkan dari amal perbuatan dan kebersihan/kemurnian hatinya......

Anonymous said...

Orang yg mengaku dirinya Islam atau yang mengaku dirinya Muslim atau yang mengaku dirinya Kristen belum tentu orang Benar. Orang benar adalah orang2 yang tidak menggunakan agamanya untuk melakukan suatu pembenaran atas dirinya atau kelompoknya melainkan orang2 yang benar2 melakukan amal bakti atau amal perbuatan yang baik dengan tulus untuk orang lain. Dengan demikian dia akan memuliakan agamanya....tanpa gembar-gembor atau dakwah dan khotbah...cukup lakukan saja dan kebenaran itu akan bicara dengan sendirinya........

Anonymous said...

islam anjink lo pada...
merasa agama lo tu uda pling suci...
coba baca al-qoran lu....pasti ada yh ganjal...
kitab lo tu palsu...
muhammad lo aja gk masti-in lo tu pada msuk sorga...
dia cumn bilang insya olloh..huh..cape dekhh...

taik. .nungging2 100x pun..ampe jidad lo itam gk akan jumpa yg nmanya surga....

Theo Riady Al Assegaff said...

Agama lo yg aneh..
Tuhan kok dilahirin, mana pake sempak aja lagi tuhan loe, disalib lagi..

Dan asal lo tau ya, lo kristen krna ngikut ortu lo aja kan??

Anonymous said...

Hahaha,,,,,bener khan jadi pada aneh, arogan,,,,,ud dibilang agama bukan untuk diperdebatkan karena itu masalah sejarah,,,, orang pake celana komprang kalau lg mode ya fine2 aja tp kl ud ga jaman dibilang lucu, aneh, morak dsb. Makanya yg namanya sejarah ya ud trima aja. Juga agama nyang ngaku Islam juga dapet dari ortu...masak bisa kenal agama langsung dari atas langit....orang purba malah nyembah batu, pohon dsb. Makanya bersyukurlah hai teman2 yang sdh kenal agama...ga usah berdebat..masing mau menang atau mau bener sendiri...tunjukan amal perbuatan elo2 yang baik maka orang akan liat kl agama elo itu baik atau buruk. Pada dasarnya semua agama bertujuan agar umatnya menjadi orang baik tapi banyak malah pada keblinger jadi anak setan......

Anonymous said...

ga usah pada emosi.. kalau memang serius mencari kebenaran hilangkan fanatisme.. mulailah membaca kitab suci masing" lalu bacalah pula kitab agama lain dan bandingkanlah..

Anonymous said...

oy yg bilang islam anjing,sini gua gorok lu.. Allahuakbar!!

Anonymous said...

Sudahlah..
Ingat saudara kita yang minoritas..

Post a Comment