Burung ini Menyelam Hingga Dasar Laut Untuk Mencari Makan

Sangat mengejutkan, burung Imperial Cormorant yang biasa dijumpai di lepas pantai Argentina ternyata mampu menyelam hingga dasar laut. Temuan ini mengejutkan tim peneliti dari Wildlife Conservation Society dan Dewan Riset Nasional Argentina.

Tim peneliti memasang kamera kecil untuk merekam perilaku si burung super. Kamera dilekatkan pada punggung burung sehingga gambar yang ditangkap sesuai pandangan burung.


Imperial Cormorant / tonybeck.ca


Rekaman itu menunjukkan burung laut berada sebentar di permukaan lantas menyelam hingga kedalaman 150 kaki atau 45,7 meter selama 40 detik.

Burung super ini mencari makan di dasar laut selama 80 detik sebelum kembali ke permukaan 40 detik kemudian. Makanan favorit Imperial Cormorant  adalah ikan yang berbentuk seperti ular dan biasa terdapat di dasar laut.

"Ikan yang diperoleh dari dasar laut kemudian dibawa ke permukaan untuk disantap," kata Flavio Quintana, pemimpin tim penelitian Wildlife Conservation Society, seperti dikutip Sciencedaily.

Ini adalah pertama kalinya mereka melihat langsung teknik makan burung Cormorant yang dijumpai di lepas pantai Argentina. Rekaman diperoleh dari Punta León di Patagonia, sebuah kawasan lindung pesisir yang menjadi habitat lebih dari 3.500 pasang burung Cormorant.

Tim peneliti telah mempelajari perilaku makan burung ini selama satu dekade terakhir. Mereka bekerja sama dengan Carlos Zavalaga dan Ken Yoda dari University of Nogoya, Jepang, untuk memasang kamera pada burung.

Lihat videonya di bawah ini







Posted by sandipras

0 comments:

Post a Comment