Buat yang Mudik, Jangan Lupa Bawa ini Untuk Bekal

Buat kamu yang akan mudik menjelang Idul Fitri, jangan lupa mempersiapkan tubuh agar tetap fit dalam perjalanan. Salah satu kendala adalah, macet atau berdesakan saat puasa jadi penyebab kita mudah mabuk dalam perjalanan. Bagaimana cara mengatasinya?
 

mywhitediaries.wordpress.com

 
Ada satu jenis pengobatan herbal yang efektif redakan mual saat berkendara, yakni jahe. Ternyata,  salah satu jenis tumbuhan rimpang yang sering ditemui di beberapa masakan ini nyatanya ampuh menghalau rasa mual. Jahe mengandung asam amino, protein, resin, diterpene, mineral, vitamin A dan niacin. Selain itu ada kandungan minyak atsiri di dalamnya seperti, zingiberene, B-bisabolene, singiberol, zingiborenol, ar-curcumene dan beberapa aldehid.

Selain itu, jahe juga mengandung senyawa aktif seperti Gingerol, 1-dehydrogingerodine, 6-gingesulfonic acid, zingerone, shogaol, palmetic acid, oleic acid, linoleic acid, caprylic acid, caproc acid, lauric acid, myristic acid, pentadecanoic acid, stearic acid, linilenic acid, lesitin, gingerglycolipids (A,B,C), dan karbohidrat.

Karena itu, untuk mengatasi mabuk kendaraan, jangan lupa mengonsumsi seduhan air jahe setelah makan sahur atau berbuka (tergantung dari jam perjalanan yang ditempuh).

Rebus bebrapa ruas jahe ke dalam dua gelas air, setelah diangkat, tambahkan sedikit madu ke dalamnya untuk menambah rasa.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam American Society of Clinical Oncology pada 2009 silam, para peneliti menemukan fakta bahwa jahe juga dapat mengurangi efek mual pada 644 pasien yang menjalani kemoterapi akibat kanker payudara.




 


Posted by sandipras

0 comments:

Post a Comment