5 Insiden Menyedihkan Sepanjang Sejarah Olimpiade

Olimpiade yang masih berlangsung di London sekarang ini ternyata dalam catatan sejarah perjalanan selama kurang lebih 100 tahun ini banyak menyisakan catatan kelam.

Dari aksi bom yang menewaskan warga sipil tak berdosa, pembunuhan atlit, sampai dengan atlet yang tewas kepanasan. Nah, tanpa panjang lebar mari kita lihat satu persatu tragedi apa yang pernah terjadi di Olimpiade.

1. Bom Pipa di Olimpiade Atlanta


Tanpa dinyana namanya juga tragedi. Dalam perhelatan Olimpiade Musim Panas tepatnya di kota kelahiran pejuang hak asasi manusia Martin Luther King, Atlanta, pernah terjadi ledakan tiga bom pipa.

Tiga bom pipa itu meledak persis di Centennial Park, yaitu taman yang khusus disiapkan sebagai pertanda peringatan 100 tahun Olimpiade. Setidaknya dalam tragedi ini 100 orang harus mengalami luka-luka di lokasi kejadian dan dua orang harus kehilangan nyawanya.


2. Aksi Teroris di Olimpiade Munchen 1972


Bagi Anda yang pernah menyaksikan film yang dibintangi Eric Bana berjudul Munchen dan film dokumenter One Day in September, pastilah sadar tema yang diangkat oleh kedua film itu apa.

Ya, tragedi Olimpiade di Munchen tahun 1972. Peristiwa yang dikenal sebagai Black September ini, setidaknya 11 orang dalam kontingen olimpiade asal Israel harus meregang nyawa oleh para kelompok radikal Palestina


3. Knut Jensen Tewas saat bertanding


Pesepada asal Demark ini tak bakal menyangka bahwa Olimpiade 1960 yang diikuti adalah olimpiade terakhir dalam hidupnya. Di panas teriknya cuaca Roma ketika ia, Knut mendadak jatuh dari sepedanya.

Pertolangan medis diberikan tapi apa lacur nyawa Knut tak bisa diselamatkan beberapa hari kemudian. Dari hasil otopsi, dia tewas lantaran serangan jantung dan ada zat amfetamin di jantungnya.


4. Fransisco Lazaro tewas “kepanasan” saat bertanding


Atlet ini adalah seorang pelari marathon asal portugal, dan entah kenapa di saat dirinya bertanding pada tahun 1912 di Olimpiade Stockholm, Swedia, bukannya lari dan menyentuh garis finish, eh malah ambruk dan meninggal keesokan harinya setelah dirawat. Tubuhnya dilaporkan tak mampu menahan panas 106 derajat saat pertandingan berlangsung.


5. Pemain Denmark tewas di Olimpiade 1960


Naas, apa mau dikata takdir berkata lain kepada delapan pemain sepakbola Denmark ini. Pada 16 Juli 1960 tim sepakbola Denmark ini mengalami kecelakaan penerbangan dengan menggunakan maskapai Zone-Redningskorpset, di Copenhagen.

Sumber :
jadiberita.com
Posted by radhite

1 comments:

mu ji said...

menyedihkan....

Post a Comment