Mitos dan Fakta: Setiap Bersin Degup Jantung Berhenti?

Terdapat anggapan bahwa setiap manusia bersin, maka kerja jantung pun berhenti. Apakah benar demikian? Kenyataanya, penelitian medis tidak menemukan fakta tersebut.

Seringkali, detak jantung berubah ketika seseorang bersin, namun bukan berarti berhenti bekerja sama sekali. Kemungkinan, banyak orang merasa demikian akibat bersin yang keras sekali, sehingga seolah jantung tak berdetak. Yang benar adalah, kerja jantung melambat akibat hentakan tubuh terhadap bersin yang ditimbulkan.
 
 azfoto.com


Bersin sebenarnya adalah pengeluaran udara lewat hidung karena gangguan partikel-partikel dari luar, atau reaksi tubuh terhadap distraksi pada saluran pernapasan. Bersin merupakan reaksi penyesuaian untuk menyingkirkan ingus yang mengandung partikel atau gangguan asing dan membersihkan rongga hidung.

Bersin merupakan semburan udara yang bisa mencapai kecepatan 70 m/detik (250 km/jam).  Bersin juga dapat menyebarkan penyakit lewat butir-butir air yang terinfeksi yang diameternya antara 0,5 hingga 5 µm. Sekitar 40.000 butir air seperti itu dapat dihasilkan dalam satu kali bersin.

Banyak mitos lain yang beredar seputar bersin. Pada beberapa kepercayaan, orang akan mengatakan "Bless you!" saat melihat orang lain di dekatnya bersin.  Kebiasaan ini rupanya berkembang sejak abad pertengahan, karena orang percaya bahwa di saat bersin jiwa seseorang melayang lewat hidungnya, dan kata-kata seperti "bless you" akan mencegah iblis mengambil jiwa orang tersebut. Sementara sebagian orang lainnya percaya kebalikannya, bahwa saat bersin, iblis mencari celah untuk memasuki tubuh orang bersin itu.

Ada lagi kepercayaan lain seputar bersin. Begini kisahnya...

Pada 400 SM jenderal Athena Xenofon memberikan pidato dramatis yang mengimbau anggota-anggota pasukannya untuk mengikutinya menuju kemerdekaan atau mati dalam menghadapi tentara Persia.

Ia berbicara selama satu jam berusaha memotivasi pasukannya dan meyakinkan bahwa mereka akan kembali dengan selamat ke Athena, sampai seorang tentaranya menggarisbawahi kesimpulannya dengan sebuah bersin. Karena yakin bahwa bersin ini adalah tanda dari dewata bahwa mereka berkenan atas pasukan Athena, maka tentara-tentara itu memberi hormat kepada Xenofon dan mengikuti perintahnya.

Lain lagi kepercayaan yang berkembang di negara-negara Eropa Timur. Di Hongaria, Slowakia dan Slovenia dan beberapa negara Timur Tengah bersin yang terjadi setelah seseorang membuat pernyataan kadang-kadang ditafsirkan sebagai konfirmasi dari Tuhan bahwa pernyataan itu benar.

Nah, kalau di Jepang, bersin merupakan pertanda ada orang lain atau seseorang yang berada jauh daripadanya yang membicarakannya atau menjelek-jelekkannya di belakangnya.

Sementara di India, orang yang bersin berarti mengingat atau diingat oleh orang yang disayanginya. Kebanyakan orang India menganggap bersin sebagai sesuatu yang sehat. Tidak bisa bersin adalah sesuatu yang harus dikhawatirkan.

Bagaimana dengan Indonesia?

Di beberapa daerah terdapat keyakinan bila bersin di saat akan pergi ke suatu tempat sebaiknya dibatalkan, atau menunggu beberapa saat hingga hidung sudah tidak bersin lagi, barulah pergi. Kalau dilanggar, bisa mendapat kecelekaan.

 wisdomsofhealth.com

Mungkin mitos ini bila ditelaah secara arif, mengartikan bahwa bersin merupakan pertanda kondisi tubuh tidak sehat, maka sebaiknya meyakinkan diri kondisi memang fit sebelum pergi. Kalau ternyata sakit dan tetap memaksakan untuk pergi, diri kita sendiri yang rugi. Perjalanan jadi tidak dinikmati, bahkan efek terparah bisa saja menimbulkan kepercayaan.

Kecuali mitos seputar bersin di bawah ini, didapat dari beberapa forum di internet, sepertinya mitos bersin berikut belum bisa diterima secara logika.



Bersin antara jam 06 - 07 pagi hari - bermakna akan ada ajakan untuk makan-makan

Bersin antara jam 07 - 08 pagi hari - bermakna akan ada keberuntungan yang tak terduga

Bersin antara jam 08 - 09 pagi hari - bermakna akan ada orang yang menghina anda

Bersin antara jam 09 - 10 pagi hari - bermakna akan ada keberhasilan dari urusan yang anda usahakan

Bersin antara jam 10 - 11 pagi hari - bermakna anda menjadi pembicaraan orang banyak

Bersin antara jam 11 - 12 siang hari - bermakna akan ada sesuatu perselisihan yang menghawatirkan antara anda dengan teman anda

Bersin antara jam 12 - 13 siang hari - bermakna akan ada berita yang menyenangkan dari luar daerah

Bersin antara jam 13 - 14 siang hari - bermakna akan ada penghalang dalam setiap rencana anda yang menyebabkan kegagalan

Bersin antara jam 14 - 15 siang hari - bermakna akan ada orang yang akan mencelakakan diri anda

Bersin antara jam 15 - 16 sore hari - bermakna akan ada berita yang kurang mengenakkan dari kerabat sendiri

Bersin antara jam 16 - 17 sore hari - bermakna akan ada sesuatu yang mehalang-halangi niat biak anda

Bersin antara jam 17 - 18 sore hari - bermakna akan ada sesuatu sebab yang mengganggu kesehatan anda

Bersin antara jam 18 - 19 malam hari - bermakna akan ada pemberian yang menggembirakan dari atasan anda

Bersin antara jam 19 - 20 malam hari - bermakna seandainya anda memiliki seorang kekasih ini, merupakan taanda yang berarti si dia sedang merindukan anda

Bersin antara jam 20 - 21 malam hari - bermakna akan ada pencuri yang akan mengunjungi anda

Bersin antara jam 21 - 22 malam hari - bermakna akan ada suatu barang yang dinilai berharga pergi meninggalkan anda

Bersin antara jam 22 - 23 malam hari - bermakna akan ada perjumpaan antara anda dengan seorang karib yang lama diperantauan

Bersin antara jam 23 - 24 malam hari - bermakna akan ada peristiwa yang menyusahkan yang menghambat perjalanan anda

Bersin antara jam 24 - 01 dini hari hari - bermakna bagi anda yang telah berumah tangga di harapkan dapat menghindari perselisihan yang akan terjadi

Bersin antara jam 01 - 02 pagi hari - bermakna akan ada khabar yang kurang mengenakkan jiwa dan hati anda yang datangnya dari luar daerah

Bersin antara jam 02 - 03 pagi hari - bermakna akan ada undangan yang datang kepada anda untuk dapat menghadiri suatu perayaan

Bersin antara jam 03 - 04 pagi hari - bermakna akan ada teguran dari pimpinan untuk anda

Bersin antara jam 04 - 05 pagi hari - bermakna akan ada penyambutan dari anda untuk tamu yang datang dari jauh

Bersin antara jam 05 - 06 pagi hari - bermakna akan ada rasa yang sangat menggambarkan kenikmatan dan kebahagiaan


Wah, bersin kok bisa dijadwal? he....he...he...




 


Posted by sandipras

1 comments:

candycandy said...

whoaaaa

Post a Comment