Yuk, Melihat Tambang Garam Tua nan Indah di Polandia

Menurut hikayat, seorang putri dari Hungaria dilamar oleh Raja Krakus (Cracow/Krakow) dari Polandia. Secara historis Krakus tercatat memerintah di awal abad 12. Nah, sebagai hadiah pernikahan, putri Hungaria, Kinga, meminta hadiah tambang garam pada ayahnya.

Seiring perjalanannya, pada awal 1900-an, Kapel Kinga dibangun di dalam tambang. Ini merupakan sebuah ruangan yang penuh dengan relief Alkitab (Gospel/Injil) berukuran besar.

 

 
Sejak itu, selama berabad-abad tambang garam tini terus beroperasi (sejak abad ke-13) dan merupakan salah satu tambang garam tertua di dunia yang masih beroperasi. Sementara, yang tertua ada di Bochnia, Polandia, 20 kilometer dari Wieliczka yang telah ditambang sejak masa prasejarah.

Luas keseluruhan tambang ini mencapai 200 km persegi, dan terdiri dari tujuh level. kedalamannya lebih dari 198 meter di bawah permukaan tanah dan terdiri dari ruang-ruang galian yang berjumlah 2000 buah. Tambang yang terletak 68 - 237 meter di bawah kota Wieliczka ini memiliki 9 lantai.

Kini, tambang garam tersebut menjadi tempat wisata yang menakjubkan. Bila kita berkunjung ke sana akan melihat jalur untuk turis sepanjang 3 km, dimulai di level pertama.

Untuk sampai ke situ, pengunjung harus menuruni 380 anak tangga. Pengunjung tak perlu risau dengan tangga tersebut karena sudah diperbarui dan terbuat dari kayu kokoh yang solid.

 


Selama berabad-abad, para penambang telah membentuk tradisi ukiran patung dari garam batu asli. Pada abad ke-19, lampu kristal raksasa yang terbuat dari garam dipasang untuk menerangi kompleks bawah tanah ini. Dengan mendapat penerangan yang memadai, ukiran dan monumen garam yang ada di dalam gua terlihat indah. Hal inilah yang menjadikan tambang garam Wieliczka terkenal di wilayah Eropa.

Suhu udara dalam tambang mencapai 13 hingga 14 derajat celsius. Selain bongkahan garam yang dipahat menjadi lorong dan ruangan-ruangan, konstruksi tambang disokong oleh kayu timber. Di sana sini tampak juga rel kecil, yang menjadi jalur gerobak dan kereta pengangkut garam.

 


Wieliczka di Polandia adalah lambang kemajuan teknologi manusia. Namun bukan hal ini saja yang membuat tambang garam ini terkenal karena para penambang perlahan-lahan telah mengubah sebuah gua yang gelap menjadi lokasi kerajaan megah.

Saat ini, wisatawan dari seluruh dunia akan dipandu melalui labirin terowongan tambang yang aneh, dengan patung rinci yang indah, kapel, dan bahkan restoran.




Sumber:
Oktomagazine
Posted by sandipras

16 comments:

Anonymous said...

pertamaxx

Anonymous said...

jujur aja nch, agak kurang foto2nya, jd gak bs ngeliat gimana megahnya tambang itu.. mungkin lain kali bs dibanyakin, ya admin?! ^^

Willy said...

pertamax dulu,, hehe

Willy said...

"ukiran patung dari garam batu asli. Pada abad ke-19, lampu kristal raksasa yang terbuat dari garam dipasang untuk menerangi kompleks bawah tanah ini"...dari garam bro. wedew

Dejavailand said...

keknya itu ruang bawah tanah gw dah. PERTAMAAAXXXX

Humaidganteng said...

memang yang punya beragama apa??kalau kristen bagi saya ada yang aneh

Sandipras said...

@Humaidganteng anehnya?

Mafia said...

@humaidganteng : emanknya agama apa pun yg punya itu slh ya.???? org ga boleh beragama gitu.....

MEMEK-MEMEK eh nenek nenek said...

wah lebih indah tambang memek di Amerika dong kak ?

MEMEK-MEMEK eh nenek nenek said...

 wah lebih indah tambang memek di Amerika dong kak ?

MEMEK-MEMEK eh nenek nenek said...

 wah lebih indah tambang memek di Amerika dong kak ?

MEMEK-MEMEK eh nenek nenek said...

 wah lebih indah tambang memek di Amerika dong kak ?

MEMEK-MEMEK eh nenek nenek said...

 wah lebih indah tambang memek di Amerika dong kak ?

MEMEK-MEMEK eh nenek nenek said...

 wah lebih indah tambang memek di Amerika dong kak ?

MEMEK-MEMEK eh nenek nenek said...

 wah lebih indah tambang memek di Amerika dong kak ?

MEMEK-MEMEK eh nenek nenek said...

 wah lebih indah tambang memek di Amerika dong kak ?

Post a Comment