Waduh, Password Orang Indonesia Gampang Dibajak

Kamu mungkin kaget membaca judul di atas. Masa, sih password orang Indonesia gampang dibajak? Setidaknya demikianlah hasil studi seorang ilmuwan komputer dari Inggris seperti dilansir dailymail.

Ilustrasi/us.123rf.com

Josep Bonneau, ilmuwan komputer dari Universitas Cambridge, Inggris, belum lama ini melakukan sebuah studi terhadap 69,3 juta sampel pengguna akun di Yahoo! di berbagai negara. Mulai dari Korean, China, Vietnam, Jerman, Prancis, Inggris hingga Indonesia.

Setelah menjalani analisa, Bonneau mengklaim 15% dari kata password yang digunakan pemilik akun Yahoo! di Indonesia lebih mudah dipatahkan hanya dengan menggunakan bahasa lokal yang sama.

"Mereka membuat kata kunci yang sangat mudah untuk ditebak," katanya saat berbicara di depan simposium Security and Privacy di San Francisco beberapa waktu lalu.

Lain Indonesia, lain pula dengan China, Bonneau menyebut negara komunis ini sebagai negara dengan pengguna password yang paling kuat. Bonneau mengatakan hanya bisa membobol 4% saja dengan menggunakan bahasa lokal.

Uniknya, dibandingkan pengguna komputer berusia muda, Bonneau menemukan ternyata pengguna berusia lanjut, atau yang berada di atas 55 tahun, justru memiliki kata password yang lebih kuat.

Untuk itu, masih menurut Bonneau, penggunaan password yang memiliki kombinasi lebih sulit diperlukan untuk menjaga akun mereka. Selain itu penggantian password secara rutin juga akan membuat akunnya lebih terproteksi.






Sumber:
memobee.com
Posted by sandipras

13 comments:

awe said...

pertamax

Diazo Nyctophilia said...

orang Indonesia terlalu polos kalo buat password sih

the same said...

berita telat coiii......uda baca di web yg lain....

FiqihGakNgawuer said...

kalo begini, password'a harus kombinasi dengan simbol yg lain donk ???

Andri said...

Ente coba bobol passoworft.. Eh.. Password ane.. Ane tantang ente ..!

Pojok luar angkasa said...

brisik bngt lu jdi org....

El Camino said...

gw juga punya riset. Hasil studi dari 2 juta sampel alay di Indonesia menunjukkan fakta yang mencengangkan. Rata-rata kombinasi password para alay lebih rumit dan susah di tebak. Alay labil memiliki password yang lebih kuat dari pada alay galau. Contoh password alay yang mungkin sulit ditebak:  Akkoehcyiangkmouehbeued.

Sumber : Indonesian Alayers Watch.

Traveller said...

bukti bahwa orang Indonesia itu merasa aman2 saja .

Dyzyy Vooan said...

lugunya indonesiaq.....

Jonibeken said...

kan klo 'dibobol', tinggal buat akun baru lagi aja.. GRATIS..!!

Unknown said...

minyak tanah :)

Alkohol said...

banyak bacot...klo g mau baca ya gak usah baca...gitu aja kok repot

Alkohol said...

 banyak bacot...klo g mau baca ya gak usah baca...gitu aja kok repot

Post a Comment