Ternyata Bahasa Inggris Napoleon Parah

Sepucuk surat yang ditulis oleh kaisar Prancis Napoleon Bonarpate dalam bahasa Inggris dipamerkan di Paris. Surat itu akan dilelang akhir pekan ini di Fontainebleau, selatan Paris, pada hari Minggu. Diperkirakan akan terjual sekitar 80.000 euro (Rp 1 miliar).
 

Sang Kaisar yang susah berbahasa inggris/i.telegraph.co.uk


Sang kaisar menulis surat itu pada Maret 1816 di pengasingannya di pulau Saint Helena. Ia berusaha keras untuk mempelajari bahasa negara yang menangkapnya, tetapi surat yang ia tulis malah menunjukkan bahwa bahasa Inggrisnya parah, susah dimengerti.

Ini kutipannya:

"Count Las Case. It is two oclock after midnight, I have enow [enough] sleep, I go then finish the night into to cause with you,"

("Count Las Case. Sekarang jam dua lewat tengah malam, saya sudah cukup tidur, saya akan menyudahi pembicaraan dengan anda malam ini"), demikian surat itu dimulai.

Selanjutnya, "He shall land above seven day, a ship from Europe that we shall give account from anything who this shall have been even to day of first January thousand eight hundred sixteen.

"You shall have for this ocurens a letter from Lady Las Case that shall you learn what himself could carry well if she had conceive the your occurens. But I tire myself and you shall have of the ado at conceive my." 

("Ia akan mendarat dalam tujuh hari, sebuah kapal dari Eropa yang akan menceritakan segala yang terjadi hingga satu Januari seribu delapan ratus enam belas. Anda akan menerima surat dari Lady Las Case dan anda akan membaca sendiri apa saja yang telah terjadi. Tetapi saya lelah dan anda juga pasti lelah membaca surat ini").

Selembar kertas yang sudah menguning itu adalah satu dari tiga surat yang ia kirim dari St. Helena, tempat Napoleon hidup di pengasingan setelah kalah dalam Pertempuran Waterloo.

Setibanya di St. Helena, Napoleon mulai belajar bahasa Inggris dari pembantunya, Emmanuel, yang bergelar Comte de las Cases.

Walau demikian, Napoleon termasuk siswa yang bersemangat. Dan, ia harus mengakui ternyata belajar bahasa inggris tak semudah yang dikira. Buktinya, hanya guru Napoleon saja yang mengerti bahasa Inggris sang kaisar.




Posted by sandipras

7 comments:

Napoleon said...

pertamax...
Sama dong kaya aku

정수연 Reza Khairunnisa said...

 haha.... msh lncaran gw....

Braam Moriarty Bartels said...

hahahahaha cacat!

FiqihGakNgawuer said...

perlu wktu buat lancarin bhsa'a :D

Diazo Nyctophilia said...

setidaknya ia masih mau belajar dan tidak malu walaupun banyak kekurangannya

muhammad said...

biarpun kaisar tapi bahasa inggirs yg mendunia aja gak bisa

Bamako zimba said...

ya maklum lah kan bahasa inggris belom jadi bahasa international kan waktu itu -___- ga kayak sekarang yang semua orang harus menguasai bahasa inggris.

(mengingat inggris dan perancis juga masih musuhan waktu itu)

Post a Comment