Selamat Datang Korupedia, Data Lengkap Koruptor Indonesia

Serupa dengan semangat Wikipedia, Korupedia juga didedikasikan sebagai ensiklopedia terbuka tentang korupsi di Indonesia. Atau tepatnya, ensiklopedia tentang koruptor.

Portalwww.korupedia.org ini resmi diluncurkan di Jakarta. Penggagas portal ini adalah para penggiat antikorupsi dari Transparency International dan Indonesia Corruption Watch (ICW) bersama sejumlah redaktur media nasional dan aktivis media sosial.



Sumber data dari portal ini berasal dari putusan pengadilan yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap. Sehingga dapat diketahui profil koruptor dan uraian perbuatan yang dilakukan sesuai dengan apa yang dituduhkan kepadanya.

"Kami melalui korupedia.org ingin mendokumentasikan mereka-mereka yang pernah diputus oleh pengadilan sebagai koruptor," kata Sekretaris Jenderal Transparency International Teten Masduki.

Menurut Teten, peluncuran korupedia.org dilatarbelakangi ketidakefektifan sanksi sosial yang diberikan kepada mereka yang telah diputus melakukan korupsi secara tetap oleh lembaga peradilan, baik Pengadilan Negeri, Pengadilan Tinggi, ataupun Mahkamah Agung.

"Media online lebih murah dan juga sangat mudah diakses oleh masyarakat umum," kata Teten menjelaskan alasan penggunaan media online.

Teten berharap portal ini dapat menjadi rujukan bagi masyarakat dalam melawan korupsi. Khususnya mendorong akselerasi penyelesaian sejumlah kasus korupsi yang macet di tangan penegak hukum.


Hmmmm.... bisa nggak ya mengatasi korupsi di negara kita?


 


Sumber:
Posted by sandipras

18 comments:

Anonymous said...

Haha ada-ada saja

Fahmi Radityamurti said...

Kalopun ada nama dimuat, gak akan malu tuh orang

Dyzyy Vooan said...

hahahahaha.............
aya aya wae

Dewiherna said...

semoga aja bisa. ini kan salah satu usaha untuk memerangi korupsi. lebih baik berusaha daripada tidak sama sekali. optimis aja.

the same said...

 namanya juga uda adat di Indonesia, ga bakal ada ngaruhnya biar namanya di pajang di mall" jg..malah bangga x org yg korup itu krn tmbh terkenal....

El Camino said...

sekalian aj bikin korupbook.com biar para koruptor dan rakyat bisa lebih dekat huahahahahaha. ngakak kali ya kalo koruptor update status hahaha

Diazo Nyctophilia said...

kalau tidak dimulai dari kita, siapa lagi

jangan selalu pesimistis

Fe Ry said...

mustahil, ga akan bisa indonesia lepas dari korupsi..

Setyari said...

Salut buat yang punya ide dan berani mewujudkannya!

Dejavailand said...

solusinya mantap

ulie said...

Kok cuma namanya aja sih.,,, kenapa tidak pakai fotony juga biar masyarakat tau orang-orangnya yang mana klo cuma nampilin nama doank sama juga bohong...

sheva-cbr said...

maju terus KORUPEDIA

Ahmad Roqib said...

Sip ..... saya setuju .... semoga ini berhasil 

El Camino said...

kalo boleh saran. di buatin korupbook.com dan  juga supaya koruptor bisa update status. kan lucu bacanya

El Camino said...

kalo bisa dibikinin korupbook.com juga biar para koruptor bisa lebih dekat sama rakyat. kan lucu bacanya kalo koruptor update status mau korupsi

Yogi_garniadie said...

YAHH KEMBANGKAN DEHH !!

anonim said...

kasian keluarganya si koruptor, ga salah apaapa tapi tetep kena cemooh masyarakat

Hardjonomm said...

hukuman koruptor di Idonesia terlalu kecil dan hartanya hasil korupsi tidak disita shg ybs tidak jera, pencantuman nama dan foto pada media sosial sangat tepat akan membuat efek jera dan malu shg keluarga calon koruptor mengingatkan untuk tidak korupsi. Ingat sejarah kita VOC runtuh karena pejabatnya korupsi, kalau mengulang yang pernah dilakukan masa lalu artinya kita jadi bangsa yang bodoh.

Post a Comment