Rumah Kayu Tertua di Belanda

Wah, Joglo punya saingan. Rumah joglo, atau bangunan dengan atap limas yang disanggah oleh pilar-pilar termasuk salah satu tiang utama yang galib disebut 'Sokoguru' adalah bentuk arsitektur khas Jawa yang kuat dan tahan terhadap cuaca selama ratusan tahun.


 Republika.co.id


Nah, di Belanda pun ada sebuah rumah berbahan kayu yang usianya lebih dari setengah millennium alias lima abad. Bentuknya memang tak serupa dengan Joglo, kecuali sama-sama berbahan dasar kayu. Mungkin, karena jarang maka media massa teristimewa di belahan barat sana mengangkat berita tersebut menjadi sangat istimewa.

Anggota Dewan Kotapraja Amsterdam, Boudewijn Oranje mengatakan, pihaknya telah menemukan satu rumah yang diperkirakan berusia 527 tahun. Rumah itu berlokasi di distrik Old Side, tak jauh dari lampu merah legendaris Amsterdam yang telah berdiri sejak 1400-an lampau.


 canada.com

“Kami menemukan bangunan yang dipercaya sebagai rumah tertua di Amsterdam. Rumah itu dibangun sekitar tahun 1485,” ungkap Oranje seperti dilansir The News International, Kamis (21/6).

Penemuan tersebut bermula ketika kebakaran terjadi di sebuah bar dekat rumah tersebut. Pegawai pemerintah yang mendatangi lokasi lalu terkesan dengan kondisi rumah yang terhalang sebuah bangunan dari jalan raya itu.

“Sampel bahan kayu rumah itu lalu diperiksa di Jerman. Hasilnya, rumah itu berasal dari abad ke-15,” paparnya.

Harusnya para peneliti tersebut datang ke Indonesia, ya. Di sini banyak bangunan kayu yang usianya jauh lebih tua.




Sumber:


Posted by sandipras

4 comments:

Norma Diaz said...

gambar rumahnya mana?/

iqbal said...

gak tau tuh

Sandipras said...

Maaf teman-teman foto ke-2 lupa terpasang... nah itu di gambar kedua lebih jelas, kan?

Humaidganteng said...

 tau tuh aneh banget!!

Post a Comment