Remaja Perokok Terbesar Ada di Indonesia dan Permainan Modal Asing

Rokok dan tembakau sudah menjadi kesatuan yang tak terpisahkan. Walau sekarang muncul rokok jenis baru yang tanpa tembakau seperti misalnya rokok herbal (herbal cigarettes), namun perokok tetap masih memilih rokok berbahan tembakau.

remaja perokok pasif/google

Seorang teman apakabardunia, Nurdi Anto, mengirim video "Sex, Lies & Cigarettes': Vanguard Sneak Peek (Indonesia Subtitle-Full) " yang menggambarkan betapa perilaku merokok telah merusak remaja Indonesia.

Lihat videonya berikut:




Saat hari tanpa tembakau sedunia 31 mei kemarin, indonesiaindonesia menurunkan laporan yang sangat mengejutkan: negara ini menempati urutan teratas! dengan jumlah perokok remaja terbanyak di dunia.

Data dari dinas kesehatan menyebutkan sebanyak 45 juta jiwa anak-anak menjadi perokok pasif di rumah dan sebanyak 4.280 jiwa meninggal per tahun akibat rokok. Data ini menjadi bukti betapa rokok juga menyebabkan banyaknya kasus kematian anak-anak dan remaja, sehingga mereka harus dilindungi dari asap rokok dan rokok itu sendiri.

Dan, Kompas memuat pecandu rokok usia remaja di Indonesia terus meningkat setiap tahun. Berdasar survei Universitas Udayana tahun 2011, sebanyak 34,5 persen remaja Denpasar saja, saat ini menjadi perokok aktif.

Hal ini menunjukkan betapa pentingnya kita menyadari bahaya rokok, terutama bagi anak-anak dan remaja.

Nah, mengapa saya menulis judul artikel ini sebagai 'polemik' ? Bukankah sudah banyak bukti bahaya rokok bagi kesehatan?

Sejak beberapa tahun lalu -- dan masih hingga kini -- terjadi perdebatan yang kian menghangat antara pemerhati tembakau dan gerakan anti rokok.

Sebabnya didorong oleh semakin sulitnya industri rokok lokal bersaing karena semakin merambahnya perusahaan asing melakukan infiltrasi ke dalam industri tembakau dalam negeri.

Komunitaskretek.or.id menerbitkan laporan: Tahun 2005, 98% saham PT HM Sampoerna Tbk diakuisisi Philip Morris. Menyusul tahun 2009, 85% saham PT Bentoel Internasional Investama Tbk diakuisisi  British American Tobacco (BAT) dan tahun 2011, 60% saham PT Trisakti Purwosari Makmur,produsen rokok kretek lokal, oleh KT&G Corporation,produsen rokok terbesar di Korea Selatan.

Pemerintah seringkali bersemangat mengundang investor asing sehingga semakin panjang daftar industri kretek nasional yang berpindah ke tangan asing. Apalagi, kretek merupakan produk asli Indonesia.

Berbagai kemudahan yang dituntut mereka, seperti menuntut pembebasan pajak, pengendalian buruh dan,kemudahan mengimpor bahan baku tembakau. Di sisi lain, ratusan industri kecil kretek gulung tikar karena kenaikan cukai.


 Petani tembakau/poskota.co.id

Nah, inilah yang menjadi penyebab perlawanan pemerhati tembakau negeri kita. Dan, ada hubungannya dengan video di atas.

Memang benar, rokok menimbulkan mudharat lebih besar ketimbang manfaat secara kesehatan. Namun, kita pun patut berhati-hati dengan gerakan media luar negeri yang selalu memojokkan negeri ini berkait tembakau.

Pertanyaan yang harus diajukan adalah: Apakah gerakan tersebut murni paparan demi kesehatan manusia, atau... ada kartel industri rokok luar negeri berperan di dalamnya agar industri tembakau lokal semakin terjepit.

Efek negatifnya ketika kita menghancurkan industri tembakau lokal, maka perusahaan asing semakin mencengkeram kuat di bumi nusantara ini. Siapa yang dirugikan? Tentu kita. Belum lagi jutaan petani tembakau dan pekerja di pabrik tembakau lokal semakin banyak yang gulung tikar karena 'permainan' orang luar tersebut.

Satu hal yang menggelitik adalah slogan "hari tanpa tembakau". Mengapa tidak "hari tanpa rokok" ? Seolah ada indikasi slogan tersebut cara-cara lembaga swadaya masyarakat yang dibiayai pihak asing untuk menjatuhkan tembakau Indonesia.

Sebagai referensi, klik link tambahan ini untuk lebih memahami permasalahan tembakau di Indonesia:
Bagaimanapun, saya mengucapkan terima kasih banyak kepada kawan Nurdi Anto yang telah mengingatkan kita kembali bahaya rokok, terutama bagi anak dan remaja. Sudah saatnya kita berperan aktif melindungi anak dan remaja dari bahaya asap rokok, dan rokok itu sendiri.




Sumber:
komunitaskretek.or.id
regional.kompas.com
indonesiaindonesia.com


Posted by sandipras

16 comments:

Diazo Nyctophilia said...

petani tembakau ganti jadi petani beras saja atau tanaman lain biar ndak krisis pangan.

bunaya mj said...

mbm. . Stju ama yg d atas

Muhammad Farhan Ibrahim said...

saya bukan perokok...

Mol'zRomansa Tampubollonvhalea said...

A:matikan rokok anda ! B:Mong ah baru di nyalain  ! kwkwkwkkw A:(~!@#$%^&*)
 #Kidding

rina said...

Aku juga aneh sama orang yg perokok, apa enaknya ngirup asep yg bau n jelas2 gak sehat. disedooot dikeluariiiinnn di seedoooot dikeluariinnnn "Mubadzir"

Trihariw said...

Orang indonesia, terutama yang sudah kecanduan rokok lebih mementingkan rokok daripada makan, meskipun orang itu miskin. Aneh...

nugroho said...

dari pada merokok mending di rokok...
upsh salah hahaha :D

Khair said...

ntu gmbar warung'a ky desa tmpt tinggal gua dah!!?

DsQa Ilhamsyah said...

ah dari  pada ngeroko meningan ngerokin tapi dari pada ngerokin meningan ngerogodong tapi ngerigiding juga bolehlah

Dyzyy Vooan said...

apakah pemerintah akan seperti ini terus?!
knpa pemerintah tidak ada tegas2nya sma sekali.....

Imad Aqil said...

wah Indonesia sudah sangat memprihatinkan

Anjink Sinting said...

"save the kids, save the world" .. it's what that we have to start from now, or never

Raptorgog963 said...

aku dulu pernah coba merokok sekali, rasanya cuma kayak permen tapi lebih manis dari permen dan kalau menurutku itu tidak enak sama sekali.

Raptorgog963 said...

itu karena penyumbang pajak terbesar adalah pabrik rokok, nanti kalau pabrik rokoknya ditutup pemerintah kekurangan pasokan pajak.dan kalau para remaja mungkin otaknya bisa lebih jernih dan memikirkan hal yang positif.

sang pangeran Dewi said...

Rokok dapat/beli dapat menyebabkan ,impoten, kanker,gangguan jantung ,kehamilan,janin...mana ampuh ama candu(nafsu) Чάπƍ bisa membunuh kalau Ъª dipenuhin......Чάπƍ ngerokok ...ngerokok teruuusss

Чάπƍ anti.... Antiii teruuusss

Sodagarrr luaaar negri(investor) kayaaa teruuuusss.....

(Nyalakan api mu di pabrik rokok jgn cuma ngomong disini ajja)

sang pangeran Dewi said...

Rokok dapat/beli,menyebabkan beribu2 uang habis dan penyakit bertambah(slogan Чάπƍ cucok)

Sudah saatnya remaja anti rokok untuk menyalakan api di pabrik jgn di web ajja ngegass....atau pun pajak rokok dlm negri bawak terbang ke langit byar Ъª ada Чάπƍ beliii.....

Post a Comment