Mengenal Karakter Orang Bisa dari Sepatunya, lho...

Tahu nggak, kabarnya kita bisa mengetahui karakter seseorang dari model sepatu yang dikenakannya. Dan ini bisa dibuktikan secara ilmiah, lho. Setidaknya demikian hasil penelitian psikolog Omri Gillath dan tim dari Universitas Kansai.



Para peneliti di universitas tersebut membuat percobaan yang melibatkan 63 pelajar dan 208 pasang sepatu. Para pelajar ini diberikan daftar pertanyaan yang berkaitan dengan foto-foto 208 pasang sepatu dari berbagai sukarelawan. Mereka diminta untuk menebak berbagai karakteristik dari pemilik sepatu yang sebenarnya melalui foto-foto tersebut. Dan tebakan mereka memang sebagian besar akurat.

Hasil dari penelitian tersebut, ditemukan berbagai kesimpulan menarik tentang hubungan antara pilihan seseorang terhadap sepatu dan kehidupan sosialnya. Lazimnya, sepatu mahal dimiliki orang yang berpenghasilan tinggi. Ya, itu benar dan sudah biasa. Namun ada lagi kesimpulan lainnya, yakni:
  • Sepatu sederhana dan praktis dimiliki oleh orang yang menyenangkan dan ramah. 
  • Sepatu ber-hak dipakai oleh orang yang agresif. 
  • Sepatu yang terlihat tidak nyaman dipakai oleh orang-orang yang bersifat tenang. 
  • Kebanyakan pemakai sepatu mahal dan terawat merasa khawatir dengan status kehidupan sosial mereka.
  • Sepatu sederhana dan tidak terlalu mahal disukai oleh orang yang memiliki pola pikir liberal. 
     
Memang para peneliti tersebut mengakui bahwa semua kesimpulan di atas tidak semuanya valid. Setidaknya sudah menjawab pertanyaan, "apakah sepatu punya informasi terhadap kepribadian orang yang memakainya?" Memang demikian adanya.

Nah, menurut kamu sendiri bagaimana, coba amati lagi koleksi sepatumu atau temanmu, apakah kesimpulan di atas ada yang tepat?






Sumber:
idbite.com
Posted by sandipras

6 comments:

Anonymous said...

Wah.. Pas ni sama karakter saya..

rina said...

kok yg d suruh org lain ya, untuk mengetahui kepribadian si pengguna sepatu, seharusnya yg menggunakan sepatu jenis tertentu tsbt d suruh mengisi tes kepribadian... barula d cocokkan dan d generalisasikan. Klo aku sih yg penting sepatu tuh nyaman buat kita dan MURAH

Dk Henrye said...

walaaah....

melenceng ma judul dan penjelasannya mbakyu...
hahahaha

Diazo Nyctophilia said...

kayak di novelnya laskar pelangi saja

Ika fitriyani said...

Tidak semua sepatu yang memiliki 
" hak" dipakai oleh orang yang agresif.

alone reborn 2 said...

sepatu dipakai pada tempatnya lah..

kalo disekolah ga mungkin kan pake sepatu hak walopun orangnya agresif,
sebaliknya pas di undangan mungkin, ga mungkin pake sepatu skets dibarengin sama dress, lucu kan..

Post a Comment