Mengapa Ayam Jantan Berkokok Tiap Pagi?

Mengapa ayam jantan selalu berkokok saat menjelang subuh, bahkan sebelum matahari muncul di ufuk Timur? Ternyata menurut hasil penelitian, hal itu ada hubungannya dengan jam alarm alamiah yang dimiliki ayam jantan.

 lolhome.com

earthsky.org melansir ayam jantan berkokok karena memiliki jam internal yang membantunya mendahului terbitnya matahari. Seperti halnya burung, ayam jantan bernyanyi atau berkokok dalam siklus harian.

Hampir semua hewan memiliki siklus harian dari kegiatan yang dikenal sebagai ritme sirkadian. Ini adalah ritme biologis pada hewan, yang mengikuti siklus siang dan malam.

Ayam jantan mendahului matahari terbit untuk mengawali berburu makanan sehari-hari dan juga untuk pertahanan wilayah. Namun, jika satu ayam jantan tetangga memiliki jam internal yang telah diatur sedikit lebih awal, ini dapat merangsang ayam jantan lain untuk berkokok lebih awal juga.

Nyanyian ayam jantan saat matahari terbit sebenarnya adalah suatu cara untuk "membangun kekuasaan" wilayahnya. Ketika ayam berkokok, dia mengirimkan sinyal ke ayam jantan lainnya bahwa jika melanggar, berarti mereka minta berkelahi.




Posted by sandipras

21 comments:

kondom_bekas said...

klo ayam potong kok g,??
apa mungkin dia udah tau klo mau dipotong,
mangkanya g mikirin wilayah...

kondom_bekas said...

ingin kubunuh "PertamaX"..

SILUMAN AYAM said...

yg bikin artikel ini lagaknya kalo nulis kayak udah pernah jd ayam aja

Anonymous said...

Siliman ayam memakan kondom bekas sambil berkokok ke arah timur

memek killer said...

memek

Anonymous said...

Hahaha pada bacot mending di goreng aja tu ayamnya.......

Dell Vostro said...

komentarnya ga ada yang berbobot.

El Camino said...

atas gue cacad. ngomong ga berbobot

Anonymous said...

Org indo mana ada sih yg komennya berbobot?

Rav3land said...

mitosnya, klo ada ayam berkokok tengah malam,,ada yg lg berbuat mesum/zina...
#bener gak ya...

mikofai said...

btul gan
100 untuk agan

kayak nya si agan udah pengalaman tu

Anonymous said...

Sudah saya bilang
"Siluman ayam memakan kondom bekas sambil berzina dengan memek killer sambil berkoko di tengah malam dan tdk berbobot"

b4n6z said...

Bagaimana kalau begini..Ayam memperingatkan manusia untuk segera bergegas dari tempat tidur dan melaksanakan shalat Shubuh??Seperti halnya muadzin yang mengumandangkan adzan,"hayya 'ala sholaah".Ayam mengumandangkannya dalam bahasa ayam.

ratih said...

setuju bgt sama lw, bro...

ratih said...

gak bener itu...


قال النبي صلى الله عليه وسلم : "إذا سمعتم صياح الديكة من الليل فاسألوا الله من فضله فإنها رأت ملكا وإذا سمعتم نهيق الحمار من الليل فتعوذوا بالله من الشيطان فإنه رأى شيطانا". 
Telah bersabda Nabi shallallaahu 'alaihi wasallam bersabda : "Apabila
kalian mendengar ayam jantan berkokok di waktu malam, maka mintalah anugrah
kepada Allah, karena sesungguhnya ia melihat malaikat. Namun apabila engkau mendengar
keledai meringkik di waktu malam, maka mintalah perlindungan kepada Allah dari
gangguan syaithan, karena sesungguhnya ia telah melihat syaithan".[21]

Agung said...

bagaimana ayam yang kadang berkokok tengah hari?

intan said...

hahaha,, ada ada aja =D

Intan said...

widih hebat ya ayam =D

lilies chayank said...

maha suci allah yg telah menciptakan
semua di jagat raya ini

perbanyaklah bersyukur
Benares g ?????!!!

lilies chayank said...

maha suci allah yg telah menciptakan
semua jagat alam raya ini


yu kitabaxak2mngucap kata bersyukur
alhamdllh....

lilies chayank said...

Maha suci allah yg telah menciptakan
semua jagat alam raya ini

kita pr baxak bersyukur
alhmdllh......

Post a Comment