Kehebatan Kaktus Bisa Memurnikan Air dari Bakteri

Di padang gurun yang panas di daerah Amerika dan Meksiko, kaktus sejak dulu menjadi tanaman penyelamat para pengelana. Batang kaktus menyimpan air sehingga kerap digunakan saat seseorang kehabisan bekal minuman.

Foto: ezinemark.com


Rupanya fungsi kaktus tak hanya itu. Penelitian terbaru menunjukkan air murni terbaik terdapat dalam pir kaktus berduri. Para peneliti dari University of South Florida melakukan percobaan dengan menyarikan getah dan menambahkan ke dalam air yang kotor karena sedimen dan bakteri.

Getah mengakibatkan sedimen dan bakteri bergabung, kemudian mengendap di bagian bawah dan memisahkan 98 % bakteri di dalam air.

Peneliti melihat komunitas di negara berkembang menggunakan kaktus di kehidupan sehari-hari mereka. Mereka biasa merebus sepotong kaktus untuk mendapatkan getah kemudian menambahkan getah tersebut ke dalam air, sama seperti yang dilakukan para peneliti.

Jika beberapa masalah ini dapat dipecahkan, maka air yang murah dan bersih dapat dijangkau jutaan orang yang kekurangan sumber daya alam ini.

Nah, kembali kita belajar dari alam soal pemurnian air, bukan?








Sumber:
brian-manihuruk
Posted by sandipras

8 comments:

Audy said...

hebat! 

Candraacil said...

PREMIUM GAN !

the same said...

mantapp............

Dejavailand said...

Bensin

Rav3land said...

petromax....

Anonymous said...

Kontol bapak lo busuk!!

Diazo Nyctophilia said...

subhanallah, tak ada habisnya deh kalo mbahas keajaiban ciptaanNya

Khair said...

kalo kaktus'a d pke trus,lama2 yg punah kaktus'a dong,bkn aer'a ?!?!

Post a Comment