Arkeolog Berhasil Menemukan Rangka Vampir?

Sudah tahu berita heboh yang berkembang di Eropa? Hari Selasa kemarin (5/06) telah ditemukan kerangka vampir peninggalan 700 tahun lalu.

Apakah memang benar vampir?



Dikutip dari novinite.com, para arkeolog Bulgaria menemukan kerangka seorang pria yang dimakamkan 700 tahun lalu dalam kondisi ditikam tongkat besi pada bagian dada. Kondisi jenazah itu ditikam beberapa kali di dada dan di perut. Itu dilakukan kemungkinan karena adanya kekuatiran sang mayat bangkit menjadi vampir.

Kerangka pria tersebut ditemukan di Kota Laut Hitam Sozopol. Sedangkan makamnya di dekat gereja yang mengisyaratkan mungkin ia berasal dari keluarga bangsawan.

Menurut analisa peneliti, ada kepercayaan kuno pada masyarakat di sana, bahwa orang yang dalam masa hidupnya dianggap jahat bisa berubah menjadi vampire setelah meninggal dunia, kecuali dadanya ditancap dengan batang besi atau kayu sebelum dikuburkan.

"Mereka mungkin orang-orang jahat ketika masih hidup, dan akan bangkit dari kubur sebagai vampir," ujar Direktur Museum Sejarah Nasional Bulgaria, Bozhidar Dimitrov seperti dikutip BBC, (5/6).

Menurut Dimitrov, praktek tersebut umum pada masyarakat zaman tersebut sampai dekade pertama abad ke-20. Sejarawan tersebut menambahkan, telah ditemukan sekitar seratus kuburan yang sama di Bulgaria dalam beberapa tahun yang lalu. Dua kerangka yang terakhir ditemukan diyakini berasal dari sekitar 800 ratus yang lalu, ditemukan pada situs arkeologi dekat sebuah biara di Sozopol, kota di tepi pantai Laut Hitam.

Tongkat besi atau kayu yang dihujamkan ke dada dipercaya sebagai simbol bahwa jenazah tidak akan bisa bangkit kembali.

Tim arkelolog mengatakan, penemuan ini  pertama kalinya mereka menemukan kuburan "vampir" di Sozopol. Diitemukan lebih dari 100 kerangka dalam kondisi ditikam tongkat besi di Bulgaria dalam beberapa tahun terakhir.

Sementara itu menurut para ahli mungkin saja itu kuburan para cendekiawan atau ahli pengobatan. Pasalnya  kehadiran orang-orang seperti ini di Abad Pertengahan sering dicurigai sebagai tukang sihir atau ada hubungannya dengan mahluk gaib.

Wah, semoga memang bukan drakula, ya.




Sumber:
wartanews.com
Posted by sandipras

7 comments:

Anonymous said...

Petramax...

Aji Pradityo said...

Menurut saya terlalu berlebihan penggunaan istilah "vampire" dalam pempublikasian informasi pada berita diatas.Menurut saya lebih tepat jika istilah yang digunakan adalah istilah "takhayul"

Karena dari apa yang saya tangkap pada berita tsb terkait dengan ditemukannya jenazah dengan bekas tikaman besi/besi yang ditikamkan pada jenazah yang diklaim sebagai vampire merupakan suatu bentuk kesalahan interpretasi yang dapat merusak logika,sebab dari muatan berita diatas terdapat salah satu isi yang memuat tradisi persepsi masyarakat pada masa lalu yang memiliki tendensi terhadap hal-hal mistik yang belum dibuktikan kebenarannya.

Athens said...

Vampires Become Your Nightmare

Sandipras said...

Mas Aji, apa yang dimaksud dengan, "tradisi persepsi masyarakat pada masa lalu yang memiliki tendensi terhadap hal-hal mistik yang belum dibuktikan kebenarannya." ?

Apakah maksudnya tendensi terhadap eksistensi vampir/drakula atau tendensi terhadap hal2 mistik secara umum?

Coba cek :
http://enchanteddoorway.tripod.com/vamp/bulgaria.html

http://www.answers.com/topic/vampires-in-bulgaria

Namun, jika maksudnya tendensi thdp hal2 mistik, rasanya masyarakat kuno (hingga abad pertengahan sebelum era aufklarung -- pencerahan/Renaissance) memang sangat percaya hal2 mistik. Banyak kisah soal ini, yang paling populer yakni pembantaian besar2an terhadap perempuan2 yg dituduh penyihir karena menolak bai'at terhadap gereja.

Coba cek:
http://en.wikipedia.org/wiki/Witch-hunt

Ditunggu diskusinya

Salam :-)

Sandi Prastanto said...

Kalimat mas Aji menarik:

tradisi persepsi masyarakat pada masa lalu yang memiliki tendensi terhadap hal-hal mistik yang belum dibuktikan kebenarannya. Apakah maksudnya tendensi terhadap eksistensi vampir/drakula atau tendensi terhadap hal2 mistik secara umum?



Coba cek :

http://tinyurl.com/7rbcozb    dan   http://tinyurl.com/72wlptq



Namun, jika maksudnya tendensi thdp hal2 mistik, rasanya masyarakat kuno
(hingga abad pertengahan sebelum era aufklarung -- pencerahan/Renaissance) memang sangat percaya hal2 mistik. Banyak kisah soal ini, yang paling populer yakni pembantaian besar2an terhadap perempuan2 yg dituduh penyihir karena menolak bai'at terhadap gereja.



Coba cek: http://tinyurl.com/tvp9a



Ditunggu diskusinya... Salam :-) 

Sandi Prastanto said...

 Kalimat mas Aji menarik:



tradisi persepsi masyarakat pada masa lalu yang memiliki tendensi
terhadap hal-hal mistik yang belum dibuktikan kebenarannya. Apakah
maksudnya tendensi terhadap eksistensi vampir/drakula atau tendensi
terhadap hal2 mistik secara umum?





Coba cek :


http://tinyurl.com/7rbcozb    dan   http://tinyurl.com/72wlptq





Namun, jika maksudnya tendensi thdp hal2 mistik, rasanya masyarakat kuno
(hingga abad pertengahan sebelum era aufklarung -- pencerahan/Renaissance) memang sangat percaya hal2 mistik. Banyak kisah soal ini, yang paling populer yakni pembantaian besar2an terhadap perempuan2 yg dituduh penyihir karena menolak bai'at terhadap gereja.





Coba cek: http://tinyurl.com/tvp9a





Ditunggu diskusinya... Salam :-) 

Sandipras said...

Komentar mas Aji menarik :-)

Bos, jika maksudnya mitos vampir yg dipercaya org2 bulgaria saya ada referensi soal ini, tapi gbs ditulis di sini krn dimoderate link nya hehehe....

Kalau maksudnya kepercayaan org jaman dulu thd hal mistik, khususnya eropa, saya juga ada referensi link dan buku2nya... 

kalau mau jadi bahan diskusi ayo aja, ditunggu

Post a Comment