Ada Rahasia Cara Menghapal dengan Mudah, nih...

Adakah di antara kalian suka bernyanyi atau ikut grup musik bersama teman? Bila ya, dan bertugas jadi vokalis tentu harus mudah menghapal banyak lagu, kan? Nah, mau tahu hal yang membuat kita mudah menghapal lagu?

Jawabannya: tidur siang. Ya, menurut penelitian, nada-nada tersebut akan lebih mudah diingat kalau didengar sambil tidur siang.

 webmd.boots.com

Menurut hasil penelitian di Northwestern University, beberapa bagian otak menjadi lebih aktif ketika sedang tidur. Bukan tidur malam yang serius, melainkan tidur pendek dengan durasi singkat yakni 90 menit seperti saat tidur siang.
 
Para peneliti meminta relawan yang sedang belajar musik untuk tidur siang. Selama tidur, mereka diperdengarkan musik dan otak mereka dipindai dengan alat khusus yang disebut Electroencephalography (EEG).

Hasil pemindaian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas di bagian otak yang berhubungan dengan ingatan. Peningkatan ini terjadi dalam fase slow-wave sleep atau tidur gelombang pendek sebagaimana biasa terjadi saat seseorang sedang tidur siang.

Demikian juga setelah bangun tidur, para partisipan jadi lebih baik dalam memainkan musik yang sedang dipelajarinya. Tingkat kesalahan yang ia lakukan dalam memainkan melodi-melodi dari lagu yang diperdengarkan saat tidur cenderung lebih bagus dibandingkan kelompok kontrol.

"Temuan ini menegaskan hasil penelitian sebelumnya bahwa stimulasi eksternal selama tidur bisa mempengaruhi kemampuan kompleks," kata Ken A Paller, peneliti senior yang terlibat dalam penelitian tersebut seperti dikutip dari Science Daily.

Menurut Paller, peningkatan aktivitas otak saat sedang tidur tidak hanya bermanfaat bagi yang sedang belajar musik. Dalam mempelajari bahasa asing, kata-kata atau istilah baru akan lebih mudah diingat jika sering diperdengarkan saat sedang tidur.

Sebentar, bukankah sebelumnya mungkin kalian pernah membaca kalau tidur sambil mendengarkan musik berbahaya? 

naldzgraphics.net

Sesungguhnya penelitian yang dilakukan di Northwestern University ini tidak bertentangan dengan pendapat sebelumnya. Memang, saat tidur bila kita mendengarkan musik maka gelombang-gelombang suara diterima oleh alat pendengaran di dalam telinga

Gelombang-gelombang tersebut akan diteruskan ke otak kita. Otak yang harusnya beristirahat akan kembali terangsang untuk bekerja dan mengolah informasi yang masuk. 

Hipotesa sebelumnya ini justru mendukung penelitian yang mutakhir. Karena otak kembali bekerja, maka mendengarkan musik menjadi berguna bila kita ingin cepat mengingat nada. 

Namun, seperti disebut di awal, cara menghapal sambil tidur ini menjadi efektif bila dalam keadaan tidur singkat seperti tidur siang. Sementara, saat tidur malam hari sebaiknya dalam keadaan tenang. Karena otak kita butuh istirahat juga, kan?






Sumber:
Posted by sandipras

11 comments:

alone reborn 2 said...

sip! tapi siapa yg mau bacain bahasa asing pas lg tidur nih? haha, direkam juga yee..

Sandipras said...

Sip juga, caranya: 1. Direkam dulu lah bahasa asing yg mau dihapal, atau 2. Bawa deh orang asing utk nemenin lo tidur dan suruh aja ngoceh terus xixixixixixi....

Pojok luar angkasa said...

nah klo cmn di dengerin bahasa asing pas tdur siang trus gk tau artinya bwt ap cba -_-??

mikoumy said...

klo untuk hapal AL-Quran bisa ga ya

Mechanicroz said...

insyaallah bisa sih..... niat dan usaha aja mungkin, nanti lak dikasih jalan ama yang kuasa.....

Jay_z said...

anjirrr al-qur'an kan 30 juz klo mau menghafal pada 1x tidur siang apa cukup waktunya,mungkin tidur sehari baru cukup

Revcelco said...

 ada tips buat menghafal al-qur'an. yaiutu dengan membaca 20X per ayat. silakan di coba

Humaidganteng said...

 ya setiap tidur siang lah!

Humaidganteng said...

biasanya orang yang disuntik itu seperti orang bani israel,,,kalau menghafal al quran saya alhamdulillah sudah mau selesai,,,jadi tinggal muroja'ah yang hafalan lalu!!! ^_^,,,dengerin musik???gk masuk akal orang islam mana boleh dengerin musik,,,bolehnya syair dan lainnya yang penting gak ada musiknya!!!!

Ererin said...

allah akan membantu setiap umat yg  ingin menghapal alquran

Sandipras said...

Yup, yg penting NAWAITU... pakai metode apa pun kalo ga niat ya mana bisa... berawal dari niat, lalu tekad, dan disiplin, Insya Allah bisa... ini juga berlaku buat teman2 lain yg mau menghapal isi Bible, Weda, Tripitaka atau apa saja... Niat (Ikhtiar) dan doa, agan2... :-)

Post a Comment