Synthesizer Moog di Google Hari ini...

Google doodle 5 Mei 2012 memampang synthesizer di halaman utama mesin pencarinya. Uniknya, synthesizer itu bisa digunakan untuk bermain musik.

Tak hanya itu, bahkan merekam musik dan memutar hasilnya. Kita juga bisa mengatur mixer, oscillators, filters, dan envelope untuk menciptakan musik dengan menggunakan synthesizer ala doodle ini.





Tampilan istimewa ini sebagai peringatan atas kelahiran Robert Arthur "Bob" Moog. Ia adalah perintis musik elektronik asal Amerika Serikat dan dikenal sebagai penemu Moog synthesizer, yang dianggap sebagai synthesizer modern.

Moog yang lahir di New York di tahun 1934 ini mengenyam pendidikan yang beragam di bidang elektronik. Ia lulusan Columbia University sebagai electrical engineering, dan meraih gelar Ph.D. untuk engineering physics di Cornell University.

Ia menghabiskan sebagian usianya untuk mengembangkan dan menjual Theremins bersama ayahnya, sejak tahun 1954. Theremins merupakan salah satu instrumen lawas untuk musik elektronik.

Di tahun 1963, Moog kemudian mendesain dan membangun modular synthesizer pertama, dengan oscillators dan amplifiers yang voltasenya bisa disesuaikan. Moog juga membuat synthesizer yang disertai pengendali lain yang mampu mematikan dan menyalakan suara, juga mengubah tingkat pitch dan modulasi suara.

Alat ciptaan Moog pun kemudian digunakan dalam musik yang ada di tahun '60an dan setelahnya. Sangat banyak musisi yang menggunakan alat ciptaan Moog,  antara lain Herbie Hancock, Stevie Wonder, ABBA, The Beach Boys (album Love you), bahkan The Doors dan The Beatles saat merekam album Abbey Road.

Moog synthesizer masih digunakan di era modern. Bon Jovi, The Cure, Duran-Duran, hingga Nine Inch Nails.
 
Berkat penemuannya, Moog didapuk penghargaan Lifetime Achievement pada ajang Grammy Trustees Award 1970. Ia juga mendapat gelar Special Merit/Technical Grammy Award, dan gelar doktor dari Berklee College of Music.

Walau Bob Moog meninggalkan perusahaan yang didirikannya di tahun 1977, Moog terus menciptakan perangkat perintis audio untuk perusahaan lain. Salah satunya adalah Commodore 64.

Moog meninggal dunia di tahun 2005 akibat tumor otak yang dideritanya. Setelah meninggal, keluarga Bob Moog mendirikan Bob Moog Foundation, untuk memicu kreatifitas di bidang perlintasan musik, sains, sejarah, dan inovasi. 
 
 
 
Sumber:
Posted by sandipras

4 comments:

Black Coffee said...

yes!!!!!!!
pertamax

Anonymous said...

Pengen juga jadi penemu/ tokoh bersejarah dalam suatu bidang...
Do'ain suatu hari nanti aku bisa jadi tokoh bersejarah ya kk???
Makasih


Elazul Crunisia

lionel said...

whisssss

ResetYourBrain said...

ane nyobaknya kok gak mw bunyi ya ?!..malah klo d klik jd pindah page..
emang gmna sih cara maininnya ???

Post a Comment