Stadion-Stadion Unik di Dunia

Perbedaan geografis seringkali jadi penyebab keragaman stadion yang dibuat. Fungsinya sebagai tempat orang berkumpul, menyemangati tim kesayangan bertanding memang tidak berubah. Namun, letak dan desain yang unik jadi hal menarik untuk dilihat. Apa saja, ya?

 
World Games Stadium, Taiwan
 
 
Stadion ini mungkin menjadi stadion bertenaga surya terbesar di dunia. Panel-panel surya yang dipasang menjadi sumber listrik satu-satunya bagi operasional stadium. Dengan panel terpasang di atap seluas 14.155 meter2 bisa menghasilukan 1,4 gigawatt setiap tahunnya.
 
Saat stadion ini sedang tidak digunakan, maka daya listriknya bisa digunakan oleh permukiman di sekelilingnya.

 
Marina Bay, Singapura
 



 
Dibangun dengan konstruksi baja, lapangan ini mengambang di atas air. Panjangnya 390 kaki dan lebar 270 kaki, bisa menampung hingga 9000 penonton atau total beban seberat 1070 ton. Kapasitas kursi penonton sendiri mampu menampung hingga 30.000 orang.
 
 
Faroe Island


Hampir serupa dengan stadion di Singapura, demikian pula stadion yang terletak di Faroe Island ini sangat dekat dengan lautan. Posisinya di antara  Laut Norwegia dan Samudera Atlantik Utara.
 
Tim sepak bola nasional negara ini menggunakan stadion yang satu ini untuk bertanding melawan tim nasional lainnya. Sehingga, pengumpul bola (anak gawang) ada yang bersiap di atas perahu, menjaga bila bola menyasar ke laut lepas.

 
Eco-Stadium, Brazil
 

 
Di Curitiba, Brazil ada sebuah stadion yang dibuat dengan konsep 'hijau'. Kursi stadion 'ditempel' di lereng gunung, tanpa pondasi semen sedikit pun. 6000 total penonton bisa ditampung di tempat ini. Hebatnya lagi, kayu-kayu hasil recycle jadi bahan baku stadion ini.

 
Braga-Rocky, Portugal
 

 
Konon, pembuatan stadium ini sangat mahal dengan biaya hingga 122 Juta Dollar Amerika. Lebih mahal dari 10 stadion baru lainnya yang dibangun pada ajang Piala Eropa 2004 silam. Karena lokasinya dekat tebing curam, Braga-Rocky disebut-sebut sebagai stadion paling unik dan indah di Eropa.

 
Stadion Miring di Ukraina
 
 
Bagaimana rasanya bermain sepak bola di lapangan miring? Tampaknya orang-orang di Ukraina bisa melawan gravitasi. Entah, apakah lapangan ini dipakai untuk pertandingan-pertandingan resmi?

 
Osaka Stadium, Jepang
 

 
Di Osaka, ada stadion milik tim baseball Nankai Hawks. Stadion ini terletak di pusat kota Osaka, dengan kapasitas 31379 tempat duduk.
 
Di tahun 1988, stadion ini dijual ke sebuah perusahaan, Daiei Group. Tim Nankai pindah ke Fukuoka. Walhasil, Stadion Osaka jadi terbengkalai. Akhirnya 'bekas' stadion ini jadi pusat pertokoan yang unik.
 
Kita tidak akan bisa lagi menonton pertandingan baseball di stadion ini, tapi masih bisa kok beli jersey atau aksesoris baseball lainnya.



Sumber:
thisblogrules.com
oddee.com
Posted by sandipras

12 comments:

the same said...

minyak tanah :))

Anonymous said...

unikan di indonesia , stadionnya becek,jadi harus melawan lumpur deh wkwkwkwkwkwkwwkkwkwwk I LOVE INDONESIA,INDONESIA IS THE BEST

Anonymous said...

solar

Didi said...

sangat bagus

coba lihat di sini

Ruby Capten said...

sangat bagus !!


coba lihat di sini

Anonymous said...

Kpd siapa saja yg suka komentar
pertamax,minyak
tanah,solar,atau apa saja yg
tidak ada.hubungan dgn info yg
ada. Kalian itu bisa dibilang
manusia gk ada OTAK. kalau ada
yg seperti udang. OTAKnya
isinya cuma TAIK!!!

OK67 said...

 minyak mayat

Okta Riana Dewi said...

hehehehe... unik-unik ya stadion nya, yang paling aneh tu stadion di ukraina, gimana coba main sepakbola di tanah miring seperti itu? 

Mklmklmkm said...

tolak angin

Norma Diaz said...

udah pernah bacaa

Black Coffee said...

yang di ukraina itu stadion apa??

Agung_mossadkgb said...

kalo yang di Ukraina itu lapangan, bukan stadion

Post a Comment