Mengapa Beberapa Orang Alisnya Menyatu?

Unibrow, atau monobrow merupakan istilah untuk rambut-rambut yang tumbuh di antara alis kanan dan kiri sehingga tampak menyatu. Istilah medisnya disebut synophrys.
 
Tampaknya, unibrow merupakan kelainan genetik (Cornelia De-Lange Syndrome) sehingga hanya kalangan tertentu yang mewarisinya.
 
 Unibrow pada wanita Asia Tengah/Google


Umumnya, unibrow diwarisi oleh bangsa-bangsa Asia Tengah, seperti misalnya nenek moyang orang Persia. Warisannya di masa kini, kadang terlihat pada sebagian orang di Tajikistan, Iran, hingga wilayah Rusia.
 
Uniknya, unibrow cukup banyak dijumpai di kawasan tersebut sehingga berkembang kepercayaan adat bahwa, unibrow menjadi daya tarik seseorang. Unibrow juga melambangkan kesucian (wanita) serta kejantanan (pria).
 
Kepercayaan ini berkembang sejak Dynasty Qajar berkuasa di Iran (1785-1925).
 
Begitu kuatnya pesona unibrow di beberapa bagian Asia Tengah, banyak wanita yang sengaja membuat unibrow palsu agar disebut "menarik". Bahkan, orang-orang tua sering menggambar alis palsu pada anak-anak mereka saat masih kecil.
 
  Unibrow pada wanita Asia Tengah/izismile.com

Alis palsu tersebut kerap terlihat pada orang-orang keturunan Uyghurs--kata ini menunjuk pada etnik Turki (Asia Tengah) yang lebih mewarisi darah Cina (Mongol). Di masa kini, kaum Uyghurs menempati wilayah Xinjiang, Cina.
 
Kaum Uyghurs mewarisi beberapa kepercayaan Persia (mungkin ada pengaruh Dynasty Qajar) terutama soal daya tarik unibrow. Namun, karena orang Uyghurs tidak mewarisi darah Persia (Iran) maka sangat jarang yang memiliki unibrow. Itulah sebabnya banyak terlihat unibrow palsu.

 
Lambang Kejahatan
 
Beda negara, beda pula kepercayaannya. Bagi orang-orang barat unibrow justru sangat dihindari. Mereka malah berusaha mencabut atau mencukurnya.
 
Sempat pula terjadi miskonsep tentang unibrow di kalangan bangsa barat. Di era Victorian, kriminolog Cesare Lombroso menggolongkan unibrow sebagai lambang kejahatan. Konon, karena orang yang memiliki unibrow biasanya terlihat aneh dan seram.

 
Jodohnya Kerabat Dekat
 
Unibrow mungkin saja tampak pada orang-orang Indonesia bila mereka mewarisi gen tersebut. Percampuran gen juga menimbulkan variasi pada unibrow. Pada beberapa orang, unibrow tidak tampak jelas tetapi masih terlihat "rambut-rambut halus" di antara alis.

Salah satu pendapat soal unibrow di Indonesia--ini kata nenek moyang--bahwa orang yang memiliki unibrow akan mendapat jodoh kerabat dekat. Ah, ada-ada saja...

 
Anthony Davis, pemain forward-center Kentucky Wildcats memiliki unibrow


 




Posted by sandipras

9 comments:

Adi said...

pertamax

pertamai said...

keduax...kaciwa:(

Theo Riady Al. A said...

KETIAAX.. :))

Jose said...

ketiax....

Gmax Ginx said...

kampret

pojok luar angkasa said...

klimaks

alvin said...

apaan sih !!?

dikomeng  donk...

Norma Diaz said...

alis gw juga nyambung

Yongkydesfri said...

Apaan sih elo Gmax Ginx sok asik banget sih elo.Udah comment GA MUTU nama ALAY lagi!!!!!

Post a Comment