Mengapa Kertas Menguning?

Seiring waktu berjalan, kertas berubah warna menjadi kuning. Ini hal yang wajar dan tak banyak yang mempertanyakan. Sebenarnya, mengapa kertas berubah warna?

Foto: Shutterstock

Mosca Conte dari Universita di Roma Tor Vergata berusaha menguak alasannya lewat penelitian. Hasil riset dipublikasikan di jurnal Physical Review Letters.

Untuk melakukan penelitian, Conte menggunakan tiga sampel yang tak diputihkan. Kertas tersebut dimasukkan dalam reaktor dengan kondisi mirip kondisi lingkungan selama 48 hari.

Conte kemudian membandingkan kertas tersebut dengan tiga kertas bertulisan yang berasal dari abad ke-15. Teknik ini memungkinkan peneliti mengungkap apa penyebab perubahan warna kertas.

Peneliti menuturkan, kertas terdiri atas 90 persen selulosa. Seiring waktu, bahan penyusun dinding sel tumbuhan itu teroksidasi.

Menurut Conte, oksidasi mampu mengubah susunan beragam molekul dan mengubahnya menjadi sesuatu yang disebut chromophores, yang menyerap cahaya.

Kertas terlihat putih karena memantulkan semua cahaya. Kertas tua memantulkan cahaya dalam panjang gelombang tertentu, yang menbuatnya terlihat kuning.

Hasil studi ini memungkinkan pihak terkait melakukan langkah memelihara kertas, dan bahkan memutihkan teks dan kesenian tua.

Sumber :
sains.kompas.com
Posted by radhite

7 comments:

Reset said...

pertamax'92

alone reborn 2 said...

oh, kalo kertasnya warna item gimana? wkwk

Dani Kusmayadi said...

perlu diteliti tuh klo kertasny item...

xoxers said...

d ksh pmtih aj biar ptih, nah klo mw mgkilat krtasnya d cat krom aj gan... heheehe
jgn lpa d tmbhin molto ultra biar wanggi...
piss gan

xoxers said...

pnjlasan.a rmittt... blng aj krtasnya jarang d skat pke pepsodent gan...
o_O

FiqihGakNgawuer said...

aku punya al'quran yang sudah lama sekali, sjak tahun 1700'an paling, kertas'a kuning susah di sobek dari pada putih

Radja Syach said...

Gak percaya ama nyang diatas ..
Ngehayal nya berlebihan

Post a Comment