Mengapa Bulan / Matahari Tampak Lebih Besar di Cakrawala?

Gejala bulan / matahari lebih besar pada saat dekat dengan cakrawala hanyalah ilusi, karena otak kita berpikir bahwa arah cakrawala lebih jauh daripada di titik kulminasi / zenith.

Karena itu ketika kamu melihat bulan / matahari terbit di cakrawala dan perlahan-lahan naik ke zenith ia akan tampak semakin mengecil.

Matahari tampak lebih besar di cakrawa. 
Kredit : wallpaper4me.com

Fenomena ini juga dikenal sebagai Ilusi Bulan dan juga sama kasusnya dengan Matahari. Ilusi ini terjadi karena ketika Bulan / Matahari sedang di cakrawala secara tidak sadar kita  membandingkannya dengan obyek latar depan seperti pohon, rumah, gunung atau kadang dengan cakrawala itu sendiri sehingga Bulan / Matahari tampak lebih besar dibanding ketika Bulan / Matahari menggantung sendirian di langit.

Kasus ilusi Bulan ini mirip atau sama dengan yang namanya ilusi Ponzo atau ilusi optik geometri dimana otak berpikir bahwa apapun yang ada di atas berada lebih jauh maka ukurannya pasti lebih besar. Tapi dalam kenyataannya ukurannya sebenarnya sama.

Ada juga yang menduga kalau ilusi tersebut terjadi karena pembiasan. Tapi, pembiasan atmosfer hanya perpengaruh pada penggepengan piringan matahari/bulan (yang justru membuat bulan/matahari lebih kecil pada sumbu vertikalnya) dan juga perubahan warna menjadi lebih merah.

Sumber :
Pengembara Angkasa - langitselatan.com
Posted by radhite

8 comments:

Gmax Ginx said...

Pertamina

Anonymous said...

waaaaaaaw.........

Norma Diaz said...

 kalo mau jualan gak usah disini yah.. masa semua artikel dikomen minyak semuaa --"

Anonymous said...

Maklum aja lah,yg komen kyk gtkan
manusia2 gk ada otak.n adminnya jg admin kemarin sore.gk berani tegas sama comen2 sampah gt

FiqihGakNgawuer said...

kalo mataharri telah terbenam, di cakrawala terdapat gk kilauan cahaya Hijau kayak di Pirates of The Carribean?

Luvzie said...

soalnya yg koment tukang minyak semua...

adi bp said...

istimewa

Anonymous said...

solar

Post a Comment