Mau Berhenti Ngorok? Potong Lidah, deh

Ngorok atau mendengkur memang mengganggu orang lain yang tidur bersama. Berbagai cara pun dilakukan agar tidak lagi tidur ngorok, salah satunya dengan operasi. Lucunya, operasi yang satu ini cukup ekstrim, karena melibatkan pemotongan lidah!
 
Operasi potong lidah - tepatnya: pemotongan pangkal lidah disebut Trans Oral Robotic. Sesuai namanya, operasi ini dilakukan dengan menggunakan bantuan robot karena rongga di bagian tersebut terlalu sempit untuk dioperasi secara manual.
 
Foto: http:thesun.co.uk

Salah seorang pasien yang pernah menjalani operasi ini, Anthony Brake asal Inggris mengaku kini bisa tidur lebih nyenyak. Sebelumnya ia sering mendengkur, lalu dokter mendiagnosisnya mengalami obstructive sleep apnea ataui henti napas saat tidur sehingga tidurnya tidak nyenyak.
 
"Sekarang saya bisa tidur 8 jam nonstop dan jarang merasa kelelahan. Masih mendengkur sedikit, tetapi sudah seburuk sebelumnya," kata Brake yang menjalani operasi ini 2 tahun lalu di St Mary Hospital, seperti dikutip dari Dailymail, Selasa (10/4/2012).
 
Teknik operasi yang tergolong baru ini dilakukan dalam 3 tahap, yang diawali dengan memotong bagian pangkal lidah yang disebut epiglottis. Selanjutnya permukaan pangkal lidah yang terseisa dipangkas sedikit untuk melebarkan saluran napas, lalu yang terakhir dinding atas mulut diperlebar.
 
Foto: enttoday.org

Dr Bhik Kotecha yang mengoperasi Brake membenarkan bahwa operasi ini sangat mutakhir dan baru dikerjakan pada 3 pasien di Inggris. Namun diperkirakan, operasi ini akan diminati karena tidak memakan waktu lama dan bisa memberikan solusi permanen.
 
Meski demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam operasi ini termasuk pasien tidak boleh terlalu gemuk. Pasien yang akan dioperasi tidak boleh memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) di atas 35 kg/m2, sebab jika lemak tubuhnya terlalu banyak maka tingkat keberhasilannya akan lebih rendah.

 

Posted by sandipras

15 comments:

Yndree Smile said...

sereeemmm......

Anonymous said...

gagal pertamax....
;-)

A' Gj Samsuri said...

pertamax...
kasihan para perokok

Aslkdj923l said...

sory ente bkn pertamax

alone reborn 2 said...

lebih baik mencegah kan,dari pada mesti operasi segala..lagian ga ada untungnya ngerokok, kalo ada slogan rokok itu laki/jantan ya salah besar, toh banyak juga wanita yg ngerokok, dan rokok salah satu penyebab impotensi..jantan?

Monsky said...

agan-agan kayaknya salah baca deh (misspelling).... itu "ngorok" bukan "ngrokok" hehehehe

Auzalukman said...

hahaha iya ya

bazzkido said...

 (o.O)? itu di ataskan artikel NGOROK bukan ROKOK gan .. hihihihi

Anonymous said...

kalo baca judulnya saja keliru dong. kapan indonesia maju kalo baca artikel segitu saja yg diambil cuma judulnya

kontol said...

kontol lu anjing

Luvzie said...

pada ga nyambung komentnya...

GOBLOK ANJING said...

PENGOROK ANJING BUKAN PEROKOK, GOBLOK AMAT LO JADI ORANG, GA DI SEKOLAHIN YA SAMA ORANG TUANYA, CKCKCK KASIAN

PLER said...

 SAMA AJA NI GOBLOKNYA SAMA YANG DIATAS.

lefthanded77 said...

aduh sampe segituhnya biar nggak ngorok saat tidur..bukanya klo ngorok tuh karna kecapean yak
so klo nggak kecapean pasti nggak ngorok kan...ngapain juga pake di potong lidah...ckckck

naira55 said...

GJ kok orang-orang ini
ada ada aja

Post a Comment