Mata Biru Pengusir Setan

Pernah ke Turki atau ada rencana liburan ke negara beribukota Ankara ini? Bila ya, jangan kaget kalau di sana banyak menemui hiasan berbentuk mata berwarna biru. Itu disebut Blue Eyes/Evil Eyes.

Blue Eyes, atau sebutan lokalnya "Nazar Boncugu" adalah lambang yang dipercaya penduduk Turki sebagai pengusir hantu/setan.


“Ini untuk mengusir roh jahat,” ujar Dewat, salah seorang penjual saat menawarkan ‘blue eyes’ dilansir dari VIVAnews dan rombongan wisatawan asal Indonesia di kawasan Taksim, Istanbul, Turki.

‘Blue eyes’ banyak dijual dalam bentuk gantungan kunci, magnet kulkas, kalung, cincin, gelang, bahkan hiasan dinding. “Jadi kalau ini dipasang, maka kekuatan jahat akan pergi,” ujarnya. “Juga bisa ditaruh di dalam mobil agar mobil kita terhindar dari kecelakaan.”

Menurutnya, warna-warna yang terdapat dalam jimat itu memiliki arti tersendiri. “Biru tua untuk mengusir hal jahat dan warna putih untuk membawa keberuntungan bagi kita semua,” ujarnya.



‘Blue eyes’ ini memikat sejumlah wisatawan. Selain bentuknya yang ‘aneh’ juga warnanya yang menarik. Selain itu harga yang ditawarkan cukup murah, berkisar antara 2 lira untuk gantungan kunci hingga 50 lira untuk bandul kalung.

Dari pantauan, memang Blue Eyes ini menjadi ciri khas tersendiri bagi Turki. ‘Blue Eyes’ banyak terlihat digantung di kaca spion mobil hingga pintu masuk rumah warga. Bahkan jadi alternatif suvenir bagi para turis.

Latar Belakang


Evil Eye, diperkirakan ada sejak 5.000 tahun yang lalu. Banyak terukir  pada tanah liat. Kemungkinan,  Evil Eye berasal sejak awal usia jaman Paleolitik Atas.

Lambang ini juga ditemukan oleh para arkeolog di hampir semua kepercayaan, termasuk Yahudi, budaya Kristen dan Muslim serta masyarakat Buddhis dan Hindu.

Konon, seorang guru kaca menggabungkan kekuatan sosok mata dengan kekuatan api dan menciptakan jimat baru: Nazar Boncugu.

Sejak itu banyak orang membuat berbagai hiasan menerakan lambang Nazar Boncugu, dengan tujuan untuk melindungi dari mata jahat.


Sumber :
nazarboncugu.com
jelajahunik.us
Posted by sandipras

17 comments:

Dani Kusmayadi said...

bukanny satu mata itu setan dajjal... Setan malah suka, bukan ngusir... Hadeuuh... Aya aya wae...

Cecepkzp said...

Itu sih siasat setan, sebenarnya bukan mengusir tapi malah mengundang, mengundang menjadi Musrik, menjadikannya sebagai jimat itu adalah sekutu setan...

Fahmi Radityamurti said...

 White Dragon?

FiqihGakNgawuer said...

ada 2 kemungkinan komentar q bagaimana : PERCAYA / TIDAK PERCAYA ???

Sandipras said...

mata horus -- kepercayaan Mesir kuno....

Anonymous said...

trmasuk lambang yg d pakai org muslim.? sbg lambang apa ya.? @@

Muhamad Arif Bp said...

pertamax mahal nih.... gk apa-apa dah yang penting pejwan dah

Lalalalaa said...

KOk matu satu tuh....tApi Pertamax Bensin aja deh infonya...

Dk Henrye said...

klw horus kan bentuk nya dah beda kali...

hahaha

Anonymous said...

Woi,tunjukanlah kalau kalian2
itu org2
berpendidikan. Kalau comen yg
bermutu.jgn mencerminkan
sifat org bodoh. N admin tlng
konsisten dgn aturan yg
dibuat.setiap ada yg comen no
urut.tlng langsung dihapus.atau
tiadakan aja fasilitas
comennya.jgn krn ulah beberapa
org tdk bertanggung
jwb.apakabardunia.di tinggalin
semua pembacanya.
Kenyamanan merupakan pokok
awal agar apakabardunia.bisa
besar n bertahan

the same said...

Minyak Tanah aja dehhhh :))

Ererin said...

Hati - hati, bisa mengundang syirik

alone reborn 2 said...

sovenir, beli dipasar sini jg banyak..haha

Asthoha said...

mata satu kan simbol setal. berarti tu malah mengundang setan

Mklmklmkm said...

tolak angin

Gelsha Mutiara Dewi said...

sebenernya ga percaya yg beginian
tapii aku pengen punya soalnya unik dan Keren, jarang ada yg punya XD

Anonymous said...

Menggabungkan kekuatan mata dengan api? Wah, Jd Amaterasu wkwk XD

Post a Comment