Kita cuma bisa Menahan Sunyi 45 Menit

Pepatah menyebutkan diam adalah emas, tapi manusia ternyata tak tahan terhadap kesunyian selama lebih dari 45 menit. Itu adalah rekor waktu terlama yang dicapai oleh sukarelawan dalam "bilik anechoic" di laboratorium Orfield di Minneapolis Selatan, Amerika Serikat.


Laboratorium itu menjadi tempat untuk menguji batas kesabaran manusia dalam menghadapi keheningan. Tempat paling senyap di dunia ini berupa ruangan berukuran 3 x 3 meter persegi, yang terdiri atas papan akustik fiberglass setebal 1 meter yang ditempel tegak lurus, ditambah dinding ganda berlapis baja insulasi dan tembok beton setebal 30 sentimeter.

Konfigurasi seperti itu membuat ruangan menyerap 99,99 persen suara dan menciptakan tingkat keheningan sebesar -9,4 desibel. Telinga manusia umumnya dapat mendengar suara lebih tinggi dari nol desibel.

Sebelumnya, ruangan milik Eckel Industries ini dipakai untuk menguji kebisingan berbagai mesin dan peranti elektronik. Salah satu peralatan yang diuji dalam ruangan ini adalah suara monitor telepon seluler pintar.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) berencana memakai ruangan ini untuk menguji daya tahan astronaut. Dalam kondisi tanpa suara, diperkirakan manusia mengalami rasa canggung karena mendengar suara yang seharusnya tak terdengar. NASA ingin mengetahui seberapa baik astronaut berkonsentrasi dalam kesunyian.

Pemilik laboratorium, Steven Orfield, mengatakan manusia bisa mendengar detak jantungnya sendiri di dalam ruangan ini. Suara gerakan perut juga terdengar amat lantang. Terkadang suara jantung bisa terdengar. "Di dalam ruangan ini, tubuh Anda menjadi sumber bunyi," kata Orfield.

Pengalaman yang tak lazim inilah yang mengacaukan pengalaman manusia. Dalam kondisi disorientasi seperti ini, kata dia, orang harus duduk. Bila terlalu lama berada dalam ruangan itu, akan mulai mengalami halusinasi.

Catatan laboratorium memperlihatkan batas kemampuan manusia bertahan di dalam ruangan sunyi ini adalah 45 menit. Orfield sendiri hanya bisa bertahan selama 30 menit di dalam kesunyian. Rupanya ia tak tahan mendengar suara mesin dari jantung buatan yang terpasang di badannya.



Sumber:
tempo.co/
Posted by sandipras

12 comments:

Ard_high said...

begitu ternyata...

Felie said...

cocok nie dipakai sebagi metode untuk menghukum koruptor indonesia.........wkwkwkw

real alone said...

jantung buatan..wew

정수연 JessicaJung said...

ya btull tmn q aj ad yg gx bz diemmmmm

Lia F. Amelia said...

kayanya ngeri kalo ada ditempat yang kayak gitu

Wew said...

Hmmmmm.... Coba aja ikutin ke konser.... lumayan dapet duit... hahahahahahahaha....

Eddy Wijaya Atmaja said...

pengen nyoba

arief rachman said...

gw yakin itu rekor bakalan terpecahkan sama 1 orang kalo ada yg minat silahkan kontak gw via email warnet_police@yahoo.co.id.......gw punya peserta yg lebih hebat dari itu....anak kecil umur 11 thn kelas 5 SD
 

Fiqih Gak Ngawuer said...

kalo nyoba jangan panggil dokter ya ^_^

FWl said...

wah kren tuhh ..
bsa bwt pra koruptor ^+^

Black Coffee said...

klo uji nyali mpe 2 malem tahan sunyi..

Nofitaarianiani said...

benerrrrrrrrrrrrrrrrrr

Post a Comment