Benarkah Kesialan Bisa Terjadi di 'Friday The 13th'?

Hari Jumat minggu kedua April, jatuh pada tanggal 13 atau "Friday the 13th". Seringkali hari Jumat tanggal 13 diidentikkan dengan kesialan.


Namun menurut Thomas Gilovich dari Department of Psychology at Cornell University Amerika, fenomena yang disebut friggatriskaidekaphobia itu hanya akan terjadi jika seseorang mengasosiasikan hari itu dengan hal-hal atau kejadian buruk dalam hidup mereka.

Friggatriskaidekaphobia adalah sebuah takhayul umum tentang hari sial yang telah ada berabad-abad lamanya berkembang dalam budaya barat.

"Jika sesuatu yang buruk terjadi pada Jumat tanggal 13 dan Anda mempercayainya maka hal itu akan terpatri dalam pikiran Anda karena pikiran adalah sebuah sistem asosiatif," kata Gilovich seperti dilansir Association for Psychological Science.

Gilovich menyatakan tidak ada bukti atau validitas apa pun akan takhayul dan kesialan pada Jumat tanggal 13. "Banyak orang memegang sejumlah keyakinan tanpa memahami latar belakang atau dari mana keyakinan itu datang," kata Gilovich.

Takhayul serupa juga dicontohkan Gilovich terjadi di kalangan arsitek dan desainer interior yang tidak melabeli sebuah gedung atau bangunan dengan lantai ke-13.

Sumber :
tempo.co
netsains.net
Posted by radhite

6 comments:

iwan said...

 ada -ada aja, buktinya aku hari ini dapat keberuntungan, tanda tangan kontrak dan dapat hp hehehehe... :D

Luvzie said...

wow..keren bgt....
seharian ini kelopak mata kiri aku kedutan terus, ktnya bkl ada hal yg ga ngenakin...
Hopefully everything's gonna be okay today..
ga usah percaya tahayul gt deh...

Anggita Laras said...

Hari ini aku biasa-biasa aja,,tpi hari ini hawanya gk enakin,,panas bgt

Syamsulfachry said...

biasa ajha tuch....

Je Tho said...

kmren q buka rekening baru di BCA antri dpt nourut 13, pas tgl 13 kagak ade apa2 tuh, yah semua itu terjd jkalau qt tu yakin/percaya dg suatu hal

Theo Riady Al Assegaff said...

Dan ane cuma mau bilang..................






PERTAMAX!!

Post a Comment