BBM dari Lemak Buaya

Cadangan minyak bumi saat ini semakin menipis, hal ini mendorong manusia untuk mencari bahan bakar alternatif. Berbagai macam bahan mulai dari kedelai, jagung bahkan biji jarak diolah menjadi bahan bakar. Namun, bagaimana bila buaya yang dijadikan sebagai bahan bakar alternatif?


Di Amerika Serikat, buaya diternakkan untuk diambil kulit dan dagingnya. Namun bagian lain tidak digunakan seperti lemak buaya. Setiap tahun ada sekitar 7 juta kilogram lemak buaya yang terbuang sia-sia dan hanya berstatus sebagai limbah. Padahal lemak buaya ini bisa diolah menjadi bahan bakar.

Hal ini membuat para peneliti di University of Louisiana di Amerika Serikat berinisiatif mengolah lemak buaya tersebut. Para peneliti ini berusaha untuk mengkonversi lemak buaya menjadi biodiesel, yang dapat digunakan oleh kendaraan dan membantu industri otomotif Amerika yang sedang dirundung masalah, akibat terus meningginya harga bensin dan solar.

Dr. Rakesh Bajpai yang menjadi peneliti, menjelaskan bahwa 7 juta kilogram lemak buaya itu sebetulnya bisa diubah menjadi 4.730.000 liter biodiesel.


Tingginya biodiesel yang bisa dihasilkan dari lemak buaya itu, karena sekitar 61 persen massa dari lemak buaya dapat diubah menjadi cairan yang cocok untuk membuat biodiesel.

Selain itu, biosolar dari lemak buaya, 9 persen lebih ramah lingkungan dari pada solar yang terbuat dari minyak bumi. Kualitasnya juga setara dengan biodiesel dari kedelai, jika dibandingkan dengan kebanyakan lemak hewan lain, kualitas lemak buaya pun tergolong lebih tinggi.

Andai setiap negara mau bersusah payah mencari bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan, sesungguhnya ada banyak hal yang bisa diolah. Sehingga tidak ada lagi tergantung 100 persen pada minyak bumi, yang cadangannya semakin menipis.

Sumber :
zonapencarian.blogspot.com
Posted by radhite

13 comments:

Anonymous said...

mantab.

Wew said...

DIPERHATIKAN BAGI ANDA YANG BERJULUKAN "Buaya Darat" HARAP TIDAK MEMABACA ARTIKEL INI....
kidding...

Nu_G said...

NICE INFO GAN!!!

Nu_G said...

LOL GAN.....

DMZ said...

tp populasi buayanya bisa menurun gan 

Irsyad Jack Mania said...

kadang2 orang2 rada2

Spaxentertainment said...

 INFO INI HARUS DI HAPUS!!!, kalo semua orang sudah pada tau gimana, nanti buaya-buaya nya  pada di bunuh, seperti Monyet yang dibantai hanya untuk mendapatkan minyak kelapa sawit.... (SADIS)

Yndree Smile said...

buaya darat bisa binasa neeh... :D

bloo said...

tapi kalau mengembangbiakan sendiri sih gak masalah toh kan di rawat sendiri di konsumsi sendiri, kecuali kalau mengambil bahan baku (buaya) di alam liar. 

Cucuit said...

 kan buaya nya diternakin dulu... di artikelnya sendiri disebut demikian kok..

konservasionist said...

info ini emg bagus...tapi kalo disalah gunain bs gawat...
misal orang pengen nyoba apa yg disampaikan artikel ini,tapi lok org itu trus ngambil buaya dg sesuka hatinya tanpa mau mengembangbiakkan dg alasan biaya mahal utk memeliharanya bisa2 populasi buaya punah...
jgn sampai itu terjadi
amin

hannyamelia said...

SETUJU,,,sbg ganti BahanBakar yg mulai menipis
tp jgn smpai merugikan ORANG,MASYARAKAT,BANGSA lain...
ok

Bamako zimba said...

ya ntar juga buaya yang langka kalo begitu gan... 

Post a Comment