Ini lho Harga Bensin Sedunia

Inilah daftar harga bensin negara-negara di dunia. Yang tampil di sini terbagi menjadi 25 harga termurah dan 25 harga termahal.

Kami tidak menampilkan secara komplet. Untuk data lengkapnya, bisa klik di petrol-prices/

Catatan: Harga bensin yang tercantum hanya non-timbal. Karena tidak semua negara menggunakan jenis Premium. Data ini valid selama 2012.

Pada list ini harga dalam kurs Euro (dalam bentuk sen). Jadi untuk mengkonvert ke Rupiah (IDR) klik di sini: currency-converter.html

Sebagai contoh:

Indonesia, ada di urutan ke 19
Dengan harga bensin non timbal 70, berarti : 0.7 (sen euro berarti tambahkan desimal di depan)
Nanti hasilnya ketemu: Rp. 8,549.77

Sedikit meleset dari harga Pertamax di SPBU, namun tetap mendekati.

Lengkapnya, lihat data di bawah ini:

25 Daftar Harga Bensin Non Timbal dari yang Termurah


25 Daftar Harga Bensin Non Timbal Termahal


Begitu tingginya harga bensin di Denmark, rakyat di sana lebih memilih transportasi dengan sepeda. Jarang yang mempunyai "cita-cita" ingin punya mobil. Positifnya, tubuh lebih sehat karena bersepeda dan tingkat polusi di Denmark terbilang cukup rendah.


Mengapa rakyat marah dan pakar ikut bersuara menyoroti harga bensin di Indonesia? Memang, bila dibandingkan dengan negara-negara lain yang juga penghasil minyak, harga di sini "agak kurang masuk akal". 

Kelangkaan dan mahalnya harga bensin tidak hanya dialami oleh negara kita. Namun, cara protes di tiap negara memang berbeda. 

Di Amerika pun harga bensin sedang melonjak. Salah satu rekan di negerinya Paman Sam tersebut melakukan demonstrasi dengan cara menyebar ajakan lewat jejaring sosial. Yaitu, tidak mengisi bensin ke SPBU pada tanggal 15 April mendatang.

Bagaimana menurut kalian, mungkin punya opini lain?


Sumber:

Posted by sandipras

18 comments:

Anonymous said...

hmm,.

Gister_gister said...

Harga minyak bikinan orang. Minyak dijadikan komoditi dan diperdagangkan di New York NYMEX, sehingga harga minyak menjadi seperti jual beli saham. Stok minyak dunia tidaklah berkurang. Naik turunnya harga minyak tergantung berita. Dalam jangka panjang harga komoditi akan pasti akan naik dan menguntungkan para investor dan spekulator. Semuanya ini berawal dari Amerika yang sengaja membuat demikian. Dengan tingginya harga minyak membuat Timur Tengah menjadi negara kaya, dan Amerika dapat menjual peralatan perang ke sana.
Menurut para pakar, harga minyak sebenarnya murah sekali. Mulai dari diambil dari pengeboran, diolah menjadi bensin dan transportasi, maka harganya sekitar Rp.560,- saja. Minyak Indonesia yang sangat murah dijual keluar negeri dan diolah di luar negeri, kemudian dijual kembali begitu mahal kepada rakyat Indonesia sendiri. Ini namanya keserakahan dan kebodohan.
Saya memimpikan bangsa Indonesia yang mandiri tanpa banyak tergantung pada luar negeri, bukan berarti mengisolasikan diri.

rasyid said...

ya, saya setuju banget kalau ada usulan bahwa negara indonesia menghentikan pendistribusian kendaraan, jadi kendaraan alternatif yang utama yaitu sepeda

Ricky Risnandar said...

memang sudah saatnya hemat BBM, selain alasan2 diatas, juga menjaga bumi kita dari polusi akibat bahan bakar fosil

oranghebat said...

wew

Anonymous said...

Kalo di sini yg ada demo2 ga jelas. Hahahhahahahahahhahahaha. Mahasiswa kok demo maen lempar batu kelakuan nya kayak preman. Mahasiswa apa preman yah???y

elnino said...

Saya lebih suka mengurangi polusi aja...ayo kurangi kendaraan yg bikin polusi,step by step lah,,,dari mulai DP kendaraan bmotor yg skrg mahal,bbm naik,tapi transportasi umumnya dibagusin yaaah...

Yndree Smile said...

jadi inget jogja berpuluh tahun yang lalu, kota seribu sepeda. sekarang.......... ribuan kendaraan bermotor, seribu kemacetan. panas... hilang eksotikanya, kebersahajaannya...

Andrey Amrulloh said...

wahh,.
lumayan murah juga ya,..

cloudservices.co.id
jasa pembuatan web, company profile dll
yang membuat perusahaan anda terlihat lebih menarik

Yeremia said...

kok berbeda dengan hasil yang dicantumkan di detik..??

http://finance.detik.com/read/2012/03/19/172825/1871259/1034/harga-bbm-indonesia-rp-4500-termurah-ketujuh-di-dunia

Di sisi lain, perlu diketahui bahwa Indonesia juga sudah bukan negara OPEC, sehingga bisa dikatakan Indonesia sudah menjadi importir minyak, bukan lagi negara yang memproduksi minyak..
Sekalipun saya konsumen BBM, saya sendiri pro kenaikan harga BBM..

Anonymous said...

maap pak.. apa bapak ibu pada tau yang nyedot minyak kita sapa?
apa bapak ibu tau yg membuat polusi itu siapa?
apa bapak ibu tau untuk apa uang yg shrusnya d alokasi kn k subsidi bbm mau dpake buat apa nntinya?
apa bapak ibu tau kreatifitas yg katanya datang kl subsidi bbm ilang bakal muncul dr hasil bbm yg mhal?
tau gak bapak ibu..kl uang rakyat yg habis bwt dkorupsi tu udah berapa banyak?
kl nanti pemimpin menjamin lbh bisa amanah atas rakyatnya..buat saya tdk apa2. negara bukan pedagang yg cari laba rugi dari rakyat.
maap pak bu..saya bingung sama politik busuk.

Dewi Sri Lestari said...

Saya usul kepada pemerintah khususnya menteri energi dan pertambangan agar mencantumkan standar harga masuk dalam UU komoditi utama selain beras sehingga kenaikan yang signifikan seperti ini (Rp.8000 lebih), agar masyarakat menyikapi kenaikan ini dengan lebih bijaksana..kalo seandainya ekspor minyak dalam bentuk baku tentunya memerlukan waktu yang lama kemungkinan membangun pangkalan minyak baku menjadi barang jadi...jika masuk dalam agenda wah semoga...tidak usah jauh-jauh ke Jepang, kenapa kita kalah dengan negara Singapura?tidak belajar dari mereka?Bisa menghasilkan barang jadi  amin.

kiTa said...

"Saya memimpikan bangsa Indonesia yang mandiri tanpa banyak tergantung pada luar negeri, bukan berarti mengisolasikan diri"
=> semoga hal ini bukan hanya mimpi....

Angga Airlangga said...

Kalo bbm naek kan yg naik cuman premium, pertamax udah ngikutin harga pasar? trus maksudnya tabel itu apa ?

Bayu Saputra said...

Berarti harga premium di Indonesia tergolong murah dong walaupun nanti harganya 6.000 soalnya kan masih disubsidi, lebih murah dibanding Malaysia. Tabel diatas kan yg dicantumin harga pertamax yg non subsidi, ya emang mahal.

alone reborn 2 said...

ya udahlah ya, bbm juga udah pernah turun, dan dulu udah pernah 6000 (dulu waktu bbm 6000 ekonomi indonesia belom sebagus sekarang, dan blt ga segede sekarang)

begini ya, sebenarnya sebagian besar minyak diindonesia dieksploitasi oleh pihak luar karena kontrak kerja selama ratusan tahun yang sudah ditanda tanganin/disetujui oleh mantan presiden soeharto, so kontrak itu masih jalan sampe beberapa puluh tahun kemudian.dan lagi gw sering liat orang" minta perbaikan infrastruktur disini situ, jembatan roboh, sekolah roboh, kalo apbn nya defisit ya pemerintah bakal prioritasin yg begituan lah, itu semua fasilitas umum, nanti juga kembali ke rakyat, daripada buat subsidi bbm yang ga tepat sasaran (coba lu liat baik", banyakan mobil mewah apa angkot + ojek?gw sih cuma saran aja yee, daripada lu yang pada demo merusak fasilitas umum yang nantinya bikin pemerintah kita buat alesan perbaikin ini itu keluar duit lagi, mending cari solusi lain..apalagi mahasiswa anarkis yang bakar motor mobil, kalo emang peduli sama rakyat kecil ya jual aja tuh motor mobil, ban bekas buat rakyat kecil, emang lu kira pemerintah peduli lu bakar mobil motor...itu menunjukan kedangkalan pikiran, dan ini juga bisa jadi pelajaran juga buat yang suka konvoi" ga jelas, ga hemat listrik, minyak itu krisis...bukannya nakut-nakutin, tapi minyak itu sumber daya non perbarui, prosesnya ratusan taun, jangan dihambur-hamburin buat hal ga jelas, dan plis kalo demo ga usah pake bakar"an, jakarta udah berpolusi men, udah panas, global warming!! salam green peace~

Anonymous said...

I love indonesia

gaugau said...

yang penting solusi nya gimana

Post a Comment