Fakta Asli Bangsa Maya

Bangsa Maya, sebagai peradaban mesoamerika memiliki kemajuan budaya yang signifikan. Arsitektur, seni, hingga astronomi telah dikuasai sejak peradaban awal. Nama suku ini kembali populer saat ramalan tentang kiamat dihubungkan dengan perhitungan kalender Maya. Meskipun ternyata banyak terdapat miskonsep soal pemahaman tersebut.

Beberapa fakta di bawah ini menjelaskan tentang bangsa dengan peradaban super hebat di masa lampau tersebut.
Bangsa Maya belum punah
 


Banyak orang menganggap bangsa Maya tinggal cerita sejarah. Kenyataannya, ada lebih dari tujuh juta keturunan bangsa Maya tinggal di daerah rumah mereka, banyak di antaranya telah berhasil mempertahankan sisa-sisa besar warisan kuno budaya mereka. Bahkan beberapa tetap berbicara satu sama lain dengan bahasa Maya.
 
Populasi terbesar mereka saat ini menghuni negara bagian Meksiko, Yucat√°n, Campeche, Quintana Roo, Tabasco dan Chiapas, dan di negara-negara Amerika Tengah Belize, Guatemala, dan bagian barat Honduras dan El Salvador.
 


Pengobatan

 

Cara pengobatan bangsa Maya kuno memiliki campuran yang kompleks antara pikiran, tubuh, agama, ritual, dan sains. Tabib atau dukun bangsa Maya kuno bertindak sebagai media antara dunia kasat mata dan dunia roh.
 
Namun, dukun juga memiliki pengetahuan medis dalam proses pengobatan, jadi bukan perkara mistis belaka. Sebagai contoh: luka dijahit dengan rambut manusia, membuat protesa gigi dari batu giok dan lain sebagainya.

 
Pengorbanan dengan darah
 


Pernah menonton film Apocalypto yang bercerita tentang sepak terjang Jaguar Paw menghabisi para pemburunya? Pada satu adegan terlihat upacara pengorbanan manusia untuk dewa mereka. Faktanya, ritual ini masih dilakukan saat ini. Walaupun darah manusia telah diganti dengan darah ayam.

 

Obat bius
 


Bangsa Maya kerap menggunakan tumbuhan yang membangkitkan halusinasi sebagai bagian dari ritual mereka. Tanaman seperti peyote, the morning glory, mushrooms hingga tembakau dipakai agar lebih mudah terhubungan dengan dunia roh sekaligus pereda rasa sakit.

 
Keruntuhan Maya


 Secara fisik, Kota pulau Tayasal adalah kerajaan Maya terakhir yang tetap merdeka saat wilayah lain sudah dikuasai Spanyol sejak kedatangannya di abad 16. Hingga akhirnya Kerajaan Itza diserahkan pada kekuasaan Spanyol tanggal 13 Maret 1697.
Situs arkeologi terkenal yang bisa dikunjungi adalah Chichen Itza. Menariknya, sebagian besar tanah di tempat tersebut dimiliki oleh satu keluarga, sementara pemerintah memiliki dan mengelola monumen di atasnya.

Soal kiamat 2012 dihubungkan dengan kalender dan ramalan bangsa Maya tidak dibahas, ya karena sudah pernah dimuat sebelumnya.


 

Sumber: http://listverse.com/2009/09/21/top-10-fascinating-facts-about-the-mayans/
Posted by sandipras

14 comments:

TheAmayBandit said...

pertama gan bagus artikel jadi tau rupa,cara pengobatan,ritual suku maya
di indonesia ada ngak suku maya?

Woyo said...

keduax

Wew said...

Weh...

darah manusia tidak sama dengan darah ayam....
tapi baguslah kalo sudah diganti... masalahanya kalo aku ketangkep, jadi korban nih...

Aulia said...

ko ditangkep sih...??
kan jauuuuuuuuuhhh...!!!!!

Syamsulfachry said...

ya begitulah...
mungkin kalender suku maya perlu diralat kembali soal kiamat 2012..

Norma Diaz said...

ada tuh Luna Maya,,,, (LOL)

Wew said...

Ya seh
tapi kalo aku ke Mexico gimana?

Andhaninita said...

bangsa maya kok tahu kalau kiamat 2012?? sedang rasulullah saja gak tahu..../

Oranghebat said...

itu sebabnya bangsa maya orang aneh

OrangGanteng said...

gk mungkin kiamat 2012
hanya yg di atas tau kiamat

Bhunagiri_putupasek said...

 good job bro,,,xixixixi

Bhuanagiri_putupasek said...

hahahahaha xixixixixi uhuhuhuhu

tiny.dancer said...

yang di atas ? OrangHebat dong berarti....:p

Anonymous said...

bangsa maya itu keren..

Post a Comment