Apa Kabar Dunia

Erep-Erep Karena Tertindih Setan?

Bagaimana tidur kamu semalam, nyenyak atau mimpi aneh? Pernah nggak mimpi seram lalu berusaha bangun namun tidak bisa bergerak atau teriak?

Mungkin orang tua kita menyebutnya ‘erep-erep’, yaitu kondisi saat mahluk halus menindih tubuh kita yang sedang tidur. Apakah benar demikian? Apa sesungguhnya penyebab erep-erep?

Berdasarkan kacamata medis, keadaan itu disebut sleep paralysis atau kelumpuhan tidur. Fenomena ini bisa terjadi pada siapa saja. Setidaknya orang akan mengalaminya sekali atau dua kali dalam hidupnya. Tapi tak perlu khawatir, sleep paralysis biasanya tidak berbahaya.

Ketika seseorang tidur, aktifitas otak mengalami dua hal berbeda, yang disebut tidur aktif atau REM (rapid eye movement) dan tidur non-REM.

Non-REM selama tidur akan menghasilkan gerakkan selama tertidur, seperti berbicara dalam tidur atau berjalan ketika tidur. Sedangkan REM akan mempengaruhi denyut jantung, laju respirasi dan tekanan darah ketika tidur.

Secara psikologis, sleep paralysis berhubungan dengan tidur di tahap REM, dimana setelah mengalami tidur REM, mata terbuka namun paralysis tetap bertahan.

Biasanya hal ini mengakibatkan halusinasi. Sleep paralysis terjadi sekitar 2-3 menit. Setelah otak dan tubuh berhubungan kembali, penderita dapat menggerakkan tubuhnya kembali. Namun, memori dari sensasi yang mengerikan atau mimpi buruk biasanya dapat bertahan lama.

Secara fisiologis, penyebab sleep paralysis belum diketahui secara pasti. Sejauh ini, para psikologis memberikan gambaran umum mengenai penyebab terjadinya sleep paralysis seperti pola tidur tak tentu, stress, dan perubahan mendadak pada lingkungan atau gaya hidup, dan kebiasaan tidur menghadap ke atas.

Hey, kebiasaan tidur menghadap ke atas? Nah, sekarang kita tahu salah satu kegunaan mengapa Rasulullah Muhammad S.A.W. mempraktekan dan menganjurkan tidur menyamping-menghadap ke kanan, bukan?
Posted by patah

23 comments:

Afandi_i said...

di ganggu jin tuh.... harus di ru'yah. biar jin ilang...! heheheheh

Anrctect said...

baru aja tadipagi mengalaminya. :)

Muhasabah said...

ya g mungkin Rosulullah mencontohkan sesuatu yang tidak bermanfaat..SUBHANALLAH

Zazimaulana said...

Sangat betul itu

Arondaniel said...

sy sdh begitu berkali kali

Vicky Ardika Kamal said...

'menyamping-menghadap ke kanan' ? brarti kalo ke kiri gimana?

Wew said...

Ditimpa tinggal geblakin aja...

Girls said...

o2n

Alam_zallaboester said...

tapi kok setelah bangun gw lemes yua..
 

Apake said...

kalo kekiri jantungnya ke gencet hehe

Mustopa09 said...

Saya pernah kaya gitu, waktu aku bacain ayat kursi dia langsung lepas.. beneran kaya ditindih gitu..

Dbazar13 said...

 gw baca yasin aj kaga ngaruh =.="
tungguin aj tuh 2-3 menit juga ilang
klo lihat yg aneh perhatiin baik2 tuh apaan
klo bs d rekam juga

Bagasbimantoro76 said...

makanya kalo tidur sambil duduk aja....
pasti setan/jin kaga bisa nindih...
hehehhe

Bl4ck said...

 Kalo nanti minta gendong gimanaaaa?

oranghebat said...

bisanya terjadi jika kamu mimpi, bangun, tidur, bangun lagi pada tahap itulah sleep paralysis terjadi

Ela Pristiana R said...

sringgg bgt nh nglamin yg bginiann -_-

abdullahfauzan said...

Biar tidak diganggu syaithan, sebelum tidur coba lakukan hal2 berikut ini:
1. wudhu
2. baring menyamping ke kanan
3. baca Ayat Kursi
4. Kumpulkan kedua telapak tangan, tiup dengan ludah kecil, lalu baca "Tiga Qul", setelah itu usapkan tangan ke seluruh tubuh yang bisa terjangkau
5. Trus kalo terbangun dari mimpi buruk, membaca "Ta'awudz" lalu meludah ke kiri 3x.
soalnya, baru beberapa malam lalu sy jg sleep paralysis, karena tertidur dalam keadaan "belum siap tidur".ok mdh2an bermanfaat..

Aceon said...

Kan di atas udah di jelasin, secara logis malah... Itu bukan di ganggu setan, itu adalah sleep paralysis... =_="Emang, kebanyakan orang malas mikir kalo ada hal yang susah mereka pahami, mereka akan mengambil jalan pintas, yaitu tahayul... kalo orang mo berfikir sedikit aja, mereka cenderung mendapat jawaban logis dan nyata... Kalo cuma nerima kata orang mentah" tanpa pernah memastikan kalo kebenarannya dapat di pertanggung jawabkan, ya jadi hanya bisa yakin tanpa tau langsung seperti apa faktanya....Itulah kenapa ada Science, kebenaran harus bisa di buktikan dan pertanggung jawabkan sebelum bisa di akui... 

Aje Gile477 said...

 lu baca Yaasin kagak ngaruh??? tp di tunggu 2-3menit ilang? trus, kapan lu baca Yaasin nya?? masa baca Yaasin kurang dari 3mnt??

chintya said...

Aku sering hampir setiap tidur, posisi samping juga tetap sama, terkadang saya memilih untuk tidak tidur sampai skrng ini, bagaimana megatasinya?

Anonymous said...

Sering tuh gw

strz_usa said...

Tah eta, gw jg jd suka males tidur.. Tar aja pagi tdr.a ... Jd imsomnia kepaksa nih judul.a,, gara2 erep2 tah.. Ee bgt

fansfirdaus said...

yah sya juga hampir tiap tidur.. Klo itu benar sleep paralysis,. Tolong bagaimana dong solusinya,?

Post a Comment