Cara Unik Penyapu Jalan di Cina

Tukang sapu jalanan di Cina ternyata punya cara yang unik untuk mempercepat pekerjaan mereka. Yaitu menggabungkan 16 gagang sapu dalam satu cakram yang berputar, dan hasilnya cukup efektif membersihkan debu dari jalan raya.



Siapa sangka, ternyata metode ini sudah berlaku selama puluhan tahun. Kabarnya, hal ini dimuat di beberapa media di Eropa. Banyak yang berkomentar, di saat anggota dewan di Inggris sibuk mencari teknologi paling canggih untuk membersihkan jalan raya, ternyata apa yang dilakukan oleh penyapu jalan Cina jauh lebih efektif plus murah biaya.

Tapi coba bayangkan, apakah cara ini bisa diterapkan di Indonesia? Karena yang belum terpikirkan, bagaimana bila banyak sampah di jalan raya. Belum lagi debu yang berterbangan tersapu oleh "sapu-putar" ini. Faktor lainnya, masih banyak jalan-jalan sempit di sini.

Hmmm, ada yang punya ide menarik lain?
Posted by sandipras

12 comments:

Ikmal Edi Nugraha said...

wah kreativ

haris widodo said...

pake itu aja...

Wew said...

You've got to be kidding me....
Tapi lucu juga kalo itu dibuat untuk mainan anak"

oranghebat said...

buat apa jalan disapu, kalo kena hujan juga debu hilang

Pejoeang said...

hihi, kalau hujan kan.
IMHO dari sini sebenarnya bisa menjadi pemicu untuk ide lain
yang lebih efektif dalam pengelolaan sampah di negeri ini.

Anonymous said...

Jgn ngaku2 hasil karya indo y.

Amanda Maishella said...

tapi kalo di Indonesia gimana cara nerapinnya?? jalannan aja rame banget -_- yang ada bikin macet. 

Spaxentertainment said...

 Semua made in China....

Beni8k4 said...

 pas saya di balikpapan, emang ada petugas penyapu jalan di malam hari mas oranghebat, mungkin untuk menjaga kebersihan aja sih...

Taufanrahmanuputra said...

bukan tambah bersih tp malah bikin debu dimana2,cz hanya di kipas2 saja

rina said...

kayak nyapu orang lg ngamuk, nyapu buat menyingkirkan debu, ehh ini malah buat balik lagi debunya.

Auliazondri said...

itu malas namany bukan unik lagi ...............
 

Post a Comment