Berbahayakah Tidur Lewat Tengah Malam?

Jam sudah menunjukkan pukul 00.00 tetapi mata masih saja sulit untuk dipejamkan. Situasi seperti ini cukup sering terjadi, khususnya pada orang dewasa muda. Sehingga timbul pertanyaan, apakah saya mengalami insomnia?


 
Jawabannya tidak. Menurut praktisi kesehatan tidur dari Rumah Sakit Mitra Kemayoran, dr. Andreas Prasadja, RPSGT,  banyak orang yang telah menyalahartikan kesulitan tidur pada malam hari sebagai insomnia. Padahal, hal ini adalah sebuah kondisi yang normal dan memang sesuai dengan jam biologis seseorang.

"Baru bisa tidur jam satu pagi pada orang dewasa muda (di bawah 30 tahun), itu normal," kata sang dokter.

Menurut Andreas, setiap orang memiliki jam biologis yang berbeda-beda. Makin tua usia seseeorang, maka kebutuhan tidur cenderung berkurang. Pada anak-anak, kebutuhan tidur bisa sampai 12 jam, orang dewasa muda sekitar 8,5-9 jam. sedangkan orang dewasa tua maksimal hanya 8 jam.


"Untuk orang diatas 30 tahun, jam 10 malam biasanya sudah ngantuk, karena itu jam biologis mereka," katanya.

Tetapi untuk mereka yang berusia di awal 20-an, umumnya akan sulit untuk bisa tidur jam 10 malam. Karena pada usia remaja sampai dewasa muda, mempunyai jam biologis yang sangat khas. 

Remaja dan dewasa muda ketika jam 10 malam, otak justru lagi segar-segarnya dan penuh kreativitas. Inilah waktu yang tepat sebenarnya untuk mereka bekarya dan belajar.


"Karena normalnya, mereka baru mengantuk setelah lewat tengah malam," paparnya.

Hanya sayangnya, pada usia ini mereka harus mengikuti jadwal orang dewasa kebanyakan, di mana aktivitas harus sudah dimulai jam 8 pagi sedangkan kalau yang sekolah harus masuk jam setengah 7 pagi. Jadi, tidak heran jika kelompok usia ini adalah kelompok yang kurang waktu tidur.

 


Posted by sandipras

15 comments:

Anonymous said...

Baru tw gw

Hyoo said...

Bener banget... Hastagaaa, aq baru suka belajar pas jam 10 ke atas...

Dbazar13 said...

harusnya masuk jam 9 gan :D

Yoga_mengger said...

pertamax hahahaha

Bl4ck said...

Ayo usulin supaya sekolah masuk jam 9 aja

Anonymous said...

Mau sekolah masuk jam 9 juga gw yakin bnyk yg telat. Hahhahahhahahahhaha.

Allycia Dhea said...

kalo masuk jam 9 otak ga fresh, tp klo masuk jam 7 ngantuk bgt
gmn jdi'a ?

oranghebat said...

cool

Dion said...

untung jam kantor gw boleh ngaret

1234 said...

ya di antara itu lah, jam 8!!

Riz said...

berarti teman" saya yang suka buat status Insomnia lebay yah, hahaha...

Vicky Ardika said...

nah ini nih. bosen saya liat status temen2 'insomnia' mulu. insomnia aslinya kan lebih parah..

Jabiranggriawan said...

wah betul juga apalagi kalo ada bola, begadang tuh

Iron3_syah said...

masih bisa tdr dan bangun saja sudah syukur...

sungkris said...

saya mah ga masalah meski tidur lewat tengah malam walaupun paginy bekerja. Asal tiap tgl 1 gajian ..

Post a Comment