Apa Kabar Dunia

Seramnya Alat Kedokteran Kuno

Alat-alat kedokteran jaman dulu memang mengerikan dan menyeramkan untuk dilihat, segalanya memang bersentuhan langsung dengan bagian tubuh yang sakit.

Bagi kita di jaman sekarang, tampaknya sulit untuk diterima akal. Namun, teknologi di masa tersebut memang belum semaju saat ini, jadi wajar saja.

Sebagai kilas balik, kita lihat beberapa diantaranya: 


1.Tobacco Enema(1750-1810)



Dipergunakan pertama kali dalam hal medis untuk memasukkan asap melalui anus/dubur, alat ini digunakan terhadap para korban tenggelam. Dengan memasukkan asap tembakau melalui anus/dubur, maka dipercaya bahwa korban tenggelam tersebut dapat kembali bernafas setelah pingsan akibat tenggelam.

2.Artificial Leech(1840)



Dipergunakan untuk pengobatan penyakit mata dan telinga.

 
3.Double Guillotine(1860)


Dipergunakan untuk mencabut amandel.

 4.Screw Gag(1880-1910)

Dipergunakan untuk membuka paksa mulut si pasien.

5.Saw(1830-60)


 

Gergaji yang dipergunakan untuk menggergaji luka yang dianggap telah lemah untuk dioperasi.



6.Backward Scissors(1550)




gergaji ini dipergunakan untuk melakukan operasi amputasi.

7.Knive For Cutting(1770)


Pisau dan gunting yang biasa digunakan untuk operasi.


8.Manual Trepanation Skull(1800)



 


 Alat yang dipergunakan untuk melubangi tengkorak kepala (operasi bagian dalam kepala).


9.Tools For Operations On Hemorrhoids And The Uterus(1870)

  
Rantai yang ada pada alat ini dipergunakan untuk memotong saluran gemmoroidalny site.

 

10.Combating Hernia(1850)



Alat ini akan dimasukkan kedalam area tubuh yang terserang hernia dan akan dibiarkan dalam beberapa minggu dan akan dikeluarkan, dan luka bekas penggunaan alat ini akan menyembuhkan hernia.

11.Tool To Extract the bullet(1500)


Dengan menggunakan alat ini, peluru yang menembus masuk kedalam tubuh akan dikeluarkan.


Sumber: siswa.univpancasila.ac.id
Posted by patah

36 comments:

Wew said...

Oh My God
That's So Scary..............

Fahmi Radityamurti said...

Sekarang jauh lebih modern dan sedang dikembangkan metode yang tidak menyakitkan. Yang nyeremin tinggal Injeksi alias suntik :P

Teguh Bara said...

itu yang terakhir ngeri banget

intan said...

 smua alatny mengerikan...
untungny y qt hdup d zman modern..
hehehehe.. :D

Steven Ramadhan Vincent said...

ngomong2 wktu itu pkek obat bius apa nggak
klo gk whhh gila tuch

Ananta Wirapratama said...

anda telah melihat berbagai alat-alat penyiksaan orang

Eldin Yudisthira said...

Mmm,, kyakx artikel ini pernah dimuat deh sebelumx...

CMIIW.......

Norma Diaz said...

iyaaaa,,,, udah pernah dimuat sebelumnya,,,,

Norma Diaz said...

itu alatnya kedokteran apa alat punya tukang sihh??? serem amat -_-"

Salsabila2805 said...

mamamia,gilak sekali

Lala Syarifudin said...

kaya alat-alat bangunan aja
so scary O_O

TheAmayBandit said...

gila yah kayak alat mutilasi aja GAN

oranghebat said...

Ga dibius tuh

Adi said...

kok reposy ini kayaknya

Mudafarul said...

alhamdulillah sekarang udh canggih alatnya

Fransesco_dhoni said...

mantab gan..
follow blogku jg ya gan, sama2 pecinta blogger on>> http://dhoni-ds.blogspot.com/

Laciel Akhasa said...

No 10 mengerikan...

Arfzhydiq said...

no 8 tuh hi............

candra said...

jdi kamu, mau di operasi kan uda modern skarang????

merah said...

wah klo skrng dh dbilang malpraktek tuh klo pke alat kya gt,sembuh engga tetanus iya

Ikmal Edi Nugraha said...

gilaaa

rina said...

saluut.. zaman dulu juga udah membuat sesuatu yg berguna bagi org banyak, cuma klo d pandang saat ini, alat2 tersebut kayaknya lebih cocok pada alat perkakas rumah tangga, agak serem ngeliyatnya.

Itsukialvin said...

bisa dipake perang tuh alat

Nafksjn said...

oh my! :O

Gadis Diyka said...

wiih,,, kok serem bgt,,, btw pake bius g tuh?

Dwirevaelya said...

itu alat kedokteran ngeri banget ya???
emang nya ada pasien yang mau make itu alat?

orang said...

sotoy lu anjing

Shafira Puspita said...

No.3 serem banget! Ngeliatnya di foto aja udh merinding gimana liat langsung ya?

Kalo gue amandel, mendingan mati dripada kesiksa pke alat itu :O

Geztu said...

perasaan udah pernah di post.... tapi gp kereennnn

M. Ridho Adidaya said...

gileee merinding liatnya.. apalagi kalo dibayangin @@

cahaya fadhiella said...

subhanallah.... ampun dechhhh

Nnannov said...

Hebat...

Robert Candra Taruna said...

Ihhhh afraid.....

Krisnayogi28 said...

masalahnya bukan alatnya yang kelihatan serem...(dikit) tapi bagaimana rangsangan seorang pasien... rumasakit ramai ama jeritan pasien..
 

Ankbensin said...

pada paduan suara dalam rumah sakit...hahahaha

Tita Handayani said...

keren :O

Post a Comment