Kisah Garpu yang Sempat Dicemooh

Sebagai pasangan sendok, ternyata pemakaian garpu sempat jadi olok-olok dan bahkan tidak sopan (kurang ajar).



Garpu, pertama kali dipakai di jaman pertengahan. Para bangsawan Italia mulai menggunakan garpu sekitar abad ke-11, sementara di Spanyol pada abad ke-16, dan di Prancis sejak abad ke-14.

Di Inggris, garpu baru mulai diperkenalkan di tahun 1611 oleh Thomas Coryat melalui bukunya "Coryat's Curdities Hastily gobbled up in Five Months Travels in France, Savoy, Italy, &c.".



Lucunya, Coryat malah diolok-olok karena mempromosikan penggunaan garpu. Sehingga, ia pun dijuluki "Furcifer," yang berarti pemegang garpu.

Cerita lain soal garpu, alat ini juga sempat dihubungkan dengan 'dunia setan'. Sekitar abad abad ke-11, seorang Putri Yunani tewas sesaat setelah memperkenalkan garpu pada pesta pernikahannya dengan seorang kepala pemerintahan Venice (seorang hakim ketua) Domenico Selvo. Hal ini dimaknai sebagai hukuman dari Tuhan.


Kabarnya, di beberapa wilayah di Thailand, makan dengan garpu masih dianggap kurang ajar.

Apakah mungkin karena bentuknya yang tajam mengingatkan orang pada garpu yang digunakan oleh setan untuk menyiksa orang di neraka? Entah, nyatanya garpu sekarang sudah diterima dalam etiket sehari-hari.



Source : entertainmentgeek-jimmy.blogspot.com
Posted by sandipras

29 comments:

Fahmi Radityamurti said...

Ane selalu makan pake garpu, susah kalo cuman sendok :D

Yehezkiel Brilliant Rianaer said...

Keduax gan

Norma Diaz said...

ahh, gw pake tangan jg biasa aja,,

Samuel J S Boanerges said...

lebih enak pake tangan...

Wew said...

Yang betul...

makan pake mulut...kalo gak pake mulut.. gimana caranya makan coba....

sahasok said...

Makan lebih enak di suapin

Anonymous said...

Hehe

Barbie Libra said...

betul kalo disuapin gak repot tinggal makan aja gk perlu cuci tangan

Arif_Kemuning said...

makan jga koq rePOt
 

Adietbmx said...

taek

Anonymous said...

di puluk

oranghebat said...

Garpu, setan???? Hahahahahaha lucu

oranghebat said...

Ga pernah makan make garpu

Mustopa Zain said...

ga papa pke garpu, kan lebih bersih, juga pake tangan lebih nikmat ya monggo..selagi maslahat..

Dedy_haryanto said...

dul-dul..

ada_ada aja

Robert Candra Taruna said...

emh that.....ok I know now, InsyaAllah I don't use it

Dodot50 said...

tapi skarang garpu lazim dipakai saat makan,..baik di warung, restoran dan di tempat wisata kuliner lainnya...sperti biasa jika ingin mempopulerkan sesuatu hal baru pasti akan dicemooh, sindiran pun muncul , itu karena orang belum merasa butuh...tpi skarang garpu menjadi alat makan yg membantu...cba aj makan steik sapi pasangan pisau adalah sendok khan agak susah ya

Bey said...

aku paling suka klo makan disuapin sm orang tercinta....

black said...

Kalo gwe makannya pake sumpit!!!

Anonymous said...

apa arti semua ini

sepzz said...

...terkadang sesuatu yang kita anggap rendah bisa menjadi sesuatu yang bernilai.oleh sebab itu, penting untuk kita saling menghargai.

rina said...

mau pake tangan, sendok doang, sendok dr daun pisang atau garpu klo laper. makan pun menjadi NIKmat..... : )

Wew said...

masalahnya... kamu makan pake mulut.... [=_=]"

Bambi said...

wew....

jangan begitulah 

Fajrul1996 said...

min tau gak kapan garpu mulai di pake di indonesia?

takashimura yamadaa said...

hehehehe... kayax klub kesanyangan gue nich !!
mau ada kepengen tahu..??            ]
apa kalian kenal dengan klub julukan setan merah ??
yaxh !! itu manchester united !!! 
kalau belum ngerti juga! baiklah lambang manchester united ialah "the reds devils"!!
udah pada paham semua..!!!???

takashimura yamadaa said...

dasar !! manja banget sich loe..!!

takashimura yamadaa said...

kayax gw dong !!!!
gwkan sering makan pake sumpit layaknya di jepang !!

Muhammad Kholid Amin said...

I love you sayang ..

Post a Comment